• English
  • Bahasa Indonesia

Bagja Imbau Ketua Bawaslu Daerah Tingkatkan Efektivitas Waktu dalam Pengambilan Keputusan

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja saat membuka kegiatan Penguatan Kelembagaan Bagi Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota di Ciwidey, Jawa Barat, pada Selasa (10/10/2023).

Jawa Barat, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Rahmat Bagja meminta kepada Ketua Bawaslu di daerah untuk dapat meningkatkan efektivitas dalam pengambilan keputusan. Menurutnya, ketua memiliki peran sentral dalam pengambilan keputusan terutama di tengah padatnya tahapan pemilu yang tengah berjalan.

"Pimpinan Bawaslu seringkali dihadapkan pada situasi di mana mereka harus mengambil keputusan penting dalam waktu singkat. Manajemen waktu yang efektif membantu mereka untuk mempertimbangkan opsi dengan baik dan mengambil keputusan yang tepat waktu," ungkap Bagja dalam kegiatan Penguatan Kelembagaan Bagi Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota di Ciwidey, Jawa Barat, pada Selasa (10/10/2023).

Bagja mencontohkan terkait tahapan penetapan DCT (daftar calon tetap) yang akan dihadapi oleh Bawaslu. Dia meminta kepada Bawaslu daerah untuk memberikan perhatian lebih seraya mengambil tindakan dengan cepat jika ditemukan pelanggaran.

"Tolong diperhatikan DCT yang ada. Kemudian kalau ada indikasi yang bersangkutan seperti ijazahnya bermasalah dan lain-lain, tolong ditindaklanjuti dengan cepat. Ini akan kita hadapi dalam beberapa bulan ke depan," jelasnya.

Selain itu, Bagja juga meminta Bawaslu daerah memperkuat etika dan integritas dalam lembaga. Menurutnya, hal ini penting karena Bawaslu harus bertindak secara adil, netral, dan tanpa intervensi politik untuk mempertahankan kepercayaan masyarakat dalam proses pemilihan umum.

Terakhir, Bagja berpesan bahwa Bawaslu berperan penting dalam menjaga kualitas demokrasi dalam suatu negara. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi dan kapasitas Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota melalui pelatihan kepemimpinan dapat membantu memastikan bahwa pemilihan umum berlangsung dengan baik dan hasilnya mewakili keinginan rakyat.

Foto: Bhakti Satrio W
Editor: Reyn Gloria

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu