• English
  • Bahasa Indonesia

Bagja Apresiasi Tingkat Partisipasi Pemilih Tujuh Kabupaten di Sumsel

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja saat melakukan pengawasan di Kabupaten OKU Selatan, Sabtu 12 Desember 2020/Foto: Humas Bawaslu RI

Ogan Komering Ulu, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Rahmat Bagja memberikan apresias kepada tujuh kabupaten di Sumatra Selatan (Sumsel) yang menggelar Pilkada 2020 dengan angka partisipasi pemilih yang tinggi.

Bagja menyatakan ketujuh daerah di Sumsel yang menyelenggarakan pilkada tingkat partisipasinya mencapai 77,9 persen, yang melebihi target partisipasi nasional. Dari data Bawaslu Sumsel tingkat partisipasi yang terbilang besar, yakni Ogan Komering Ulu (OKU) dengan 72 persen, Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) dengan 81 persen, Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) mencapai 85,6 persen, Musi Rawas Utara (Mutara) mencapai 80,2 persen, Musi Rawas (MURA) dengan 79,2 persen, Ogan Ilir (OI) sebesar 80,4 persen, dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dengan 80,6 persen.

"Apresiasi saya untuk kerja-kerja sosialisasi teman-teman Bawaslu provinsi, kabupaten dan kota di Sumsel sehingga mempengaruhi jumlah pemilih meningkat meski di tengah pandemik covid-19. Banyak faktornya seperti, sosialisasi yang efektif di medsos, paslon yang diusung parpol diterima oleh masyarakat serta peran tokoh agama, masyarakat, adat dalam sosialisasi atau kampanye yang kuat mempengaruhi," ucapnya saat diwawancarai awak media, di kantor Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sabtu (12/12/2020).

Koordinator Divisi Bagian Penyelesaian Sengketa Bawaslu ini menambahkan, Bawaslu Kabupaten OKU Selatan dalam pilkada serentak 2020 ini memberikan ambang batas sebesar 73 persen untuk partisipasi politik. Namun menurut Bagja secara mengejutkan ternyata jumlah partisipasi di wilayah calon tunggal menjadi yang tertinggi di Sumsel, sedangkan di OKU yang juga menghadapi kotak kosong, justru partisipasi pemilihnya turun.

"Kesadaran masyarakat untuk sukseskan pilkada dengan cara pandang pemilih melihat paslon yang berbeda antara kabupaten satu dengan kabupaten lainnya. Kepercayaan masyarakat kepada penyelenggara dalam pengawasan protokol kesehatan dan rasa aman yang dijamin pihak keamanan, sehingga pemilih mau datang ke TPS. Inilah kunci partisipasi pemilih hingga melebihi target nasional," ujar lelaki kelahiran Medan tersebut.

Setelah melakukan inspeksi pengawasan dan supervisi penghitungan suara tingkat kecamatan di kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Selatan, Bagja pun mengunjung kantor Bawaslu kabupaten OKU Selatan yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Batubelang Jaya, Kecamatan Muara Dua.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Nurisman

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

 

Si Jari Hubal Bawaslu

 

E-PANTAU Bawaslu

 

SAVERO Bawaslu

 

SITINJU Bawaslu

 

SIGAP Bawaslu

 

e-PANDUMAS

 
 

 

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu