• English
  • Bahasa Indonesia

Awasi Pemilu 2024, Bawaslu Akan Bertindak Proaktif dan Responsif

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja tengah dalam diskusi daring bersama Universitas Cendrawasih, Jayapura, Papua, Jumat (30/09/2022).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menegaskan dalam mengawasi tahapan Pemilu Serentak 2024 Bawaslu akan bersikap dan bertindak proaktif dalam menjalankan agenda kegiatan pengawasan pemilu, serta responsif terhadap laporan dugaan pelanggaran pemilu.

"Itu salah satu strategi yang akan kami lakukan, agar Pemilu 2024 berjalan dengan lancar, bebas, jujur dan adil," katanya dalam diskusi daring bersama Universitas Cendrawasih, Jayapura, Papua, Jumat (30/09/2022).

Bagja menerangkan beberapa strategi Bawaslu lainnya. Diantaranya, membuat kalender dan alat kerja pengawasan, memperkuat supervisi kepada jajaran pengawas pemilu, untuk memastikan integritas dan profesionalitas penyelenggara pemilu.

"Kami membangun komunikasi dan koordinasi secara intensif dengan lembaga penyelenggara pemilu serta pemangku kepentingan. Terutama pemerintah, kepolisian, pemantau pemilu, organisasi masyarakat, serta tokoh masyarakat," ungkapnya.

Menurut Bagja salah satu hal yang tidak kalah penting yaitu, melakukan gerakan bersama dengan tokoh agama lintas iman (Islam, Kristen, Katholik, Budha, Hindu, Konghucu dan aliran kepercayaan) untuk melakukan deklarasi anti politik SARA. Hal tersebut diperlukan agar peserta maupun masyarakat tidak menggunakan isu yang bisa menyebabkan konflik dan perpecahan.

"Lalu Bawaslu akan membuat buku pengawasan partisipatif perspektif agama serta festival pengawasan lintas iman," ungkapnya.

Editor: Reyn Gloria

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu