• English
  • Bahasa Indonesia

Apresiasi Pangawas Ad hoc Awasi Pilkada saat Pandemi, Abhan Ingatkan Tugas Utama

Ketua Bawaslu Abhan saat memberikan sambutan saat mengunjungi Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, Jumat 2 Oktober 2020/Foto: Humas Bawaslu NTT

Kefamenanu, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Ketua Bawaslu Abhan mengapresiasi para penngawas ad hoc (sementara) yang tetap semangat mengawasi Pilkada 2020 saat pandemi covid-19. Meski begitu, dirinya mengingatkan para pengawas untuk tetap fokus terhadap tugas utama dalam mengawasi tahapan pilkada.

Dalam kunjungan ke Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (2/10/2020) Abhan mengucapkan terima kasih atas kesetiaan para pengawas ad hoc seperti Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) karena pernah dinonaktifkan pada akhir Maret lalu akibat penundaan pilkada akibat covid-19. Meski kemudian diaktifkan kembali menurutnya, para pengawas ad hoc tetap semangat melanjutkan tugas mengawasi pilkada meski pandemi covid-19 masih berlangsung.

Untuk itu, dia menegaskan kepada Panwascam agar jangan hanya melihat penyelenggaraan tahapan pilkada dari segi pelanggaran protokol kesehatan seperti tidak memakai masker, penyatisasi tangan, aturan pembatasan kampanye tatap muka semata seperti diatur dalam Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2020. Baginya, Panwascam tetap fokus mengawasi kecurangan dalam tahapan pilkada sesuai tugas utamanya. “Banyak tantangan memang yang dihadapi oleh Panwascam apalagi dalam kondisi Covid-19, namun tetap jaga kesehatan dan tetap semangat dalam menjalankan tugas,” katanya saat menghadiri kegiatan yang dilaksanakan Bawaslu Kabupaten TTU di Kefamenanu,.

Baca juga: Abhan Yakinkan Penindakan Pelanggar Protokol Kesehatan demi Pilkada Luber, Jurdil, dan Sehat

Dalam kunjungan yang dihadiri Panwascam se-Kabupaten TTU, Abhan didampingi Kepala Biro Teknis Penyelenggaraan Pengawasan Pemilu (TP3) La Bayoni. Turut hadir Ketua Bawaslu NTT Thomas Djawa, Anggota Bawaslu NTT Melpi M Marpung dan Noldy Tadi Hungu, Kepala sekretariat Bawaslu NTT Ignasius Jani, Kabag Hukum; Humas; dan Datin Bawaslu NTT Felipus C Boling dan Kasubag Penanganan Pelanggaran Bawaslu NTT Abdul Azis.

Kedatangannya didahului dengan penyambutan secara adat oleh Ketua dan Anggota Bawaslu bersama Sekretariat TTU yang didampingi oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Kupang, Kabupaten TTS, Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka bersama koordinator sekretariat dan para staf. Abhan pun berkesempatakan memakai pakaian adat TTU.

Editor: Ranap THS

Penulis/Foto: Abad (Humas Bawaslu NTT)

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu