• English
  • Bahasa Indonesia

Afif: Siwaslu Harga Kaki Lima Rasa Bintang Lima

Anggota Bawaslu M Afifuddin (kiri) saat memberikan pengarahan dalam dalam Diskusi Evaluasi Penggunaan Sistem Pengawasan Pemilu (Siwaslu) di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (12/10/2019) sore/Foto: Hendi Purnawan

Bekasi, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Sistem Pengawasan Pemilu (Siwaslu) diibaratkan sebagai sistem yang dikelola dengan harga kaki lima namun memiliki kualitas setara dengan hotel bintang lima. Secara sistem sangat sederhana tetapi memiliki manfaat yang luar biasa.

Hal itu dikatakan Anggota Bawaslu Mochammad Afiduddin dalam Diskusi Evaluasi Penggunaan Sistem Pengawasan Pemilu (Siwaslu) di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (12/10/2019) sore.

"Harganya masih kaki lima. Namun masih ada momentum untuk dikembangkan," ujarnya.

Afif memaklumi Siwaslu pada Pemilu 2019 menemui banyak kendala karena masih seumur jagung. Baginya, belum sempurna dan banyak membutuhkan masukan, terutama dalam inovasi teknologi agar meminimalisir tingkat kesalahan.

Dia berharap, Siwaslu bisa berjalan lebih baik lagi pada Pilkada Serentak 2020. Saat ini sedang digodok terkait kebutuhan tim operator yang khusus menanganu Siwaslu sampai tingkat kabupaten/kota. "Ini agar terstruktur, jangan semua hanya melalui provinsi. Tentu harus kita pikirkan operator di masing-masing provinsi," tuturnya.

Mantan Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilu untuk Rakyat (JPPR) tersebut menambahkan, Bawaslu akan terus mencari terobosan atau inovasi dalam melakukan pengawasan. Hal itu juga merupakan cara Bawaslu mempersiapkan diri jika KPU menerapkan e rekapitulasi.

"Intinya Bawaslu harus terus bergerak mempersiapkan diri jelang Pilkada Serentak 2020," ungkapnya.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu