• English
  • Bahasa Indonesia

Afif: Mediator itu Ketrampilan Tidak dari Baca Buku Saja

M Afifuddin saat memberikan pengarahan dalam Rakornas Persiapan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilihan Tahun 2020 di Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu 27 Oktober 2019/Foto: Jaa Rizka Pradana

Pontianak, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Mochamad Afifuddin meminta jajaran divisi penyelesaian sengketa baik Bawaslu tingkat provinsi maupun kabupaten/ kota meningkatkan kemampuan mediasi. Hal ini penting agar masalah sengketa Pilkada 2020 dapat rampung secara musyawarah mufakat.

Dia menilai, kemampuan fakultatif jajarannya di daerah akan diuji mulai tahapan proses pencalonan. Dalam fase ini, menurutnya, bisa saja perseorangan yang mengajukan sengketa merupakan orang-orang yang mempunyai hubungan baik. Afif pun menegaskan, agar jajaran pengawas selalu independen serta berintegritas.

Afif menekankan, para mediator lembaga pengawas pemilu harus bisa belajar dari kasus-kasus sengketa yang pernah ditangani dalam gelaran pilkada-pilkada sebelumnya.

"Ini harus bisa kita identifikasi sehingga besok kalau ada masalah di provinsi atau kabupaten/kota bisa mengadvokasinya," ucapnya dalam Rakornas Persiapan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilihan Tahun 2020 di Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (27/10/2019).

Wakil Koordinator Penyelesaian Sengketa Bawaslu ini menuturkan, pengalaman pilkada sebelumnya akan sangat berguna untuk diinventarisir pola penanganannya serta cara-cara penyelesaian masalah sengketa proses.

"Maka ini harus didukung dengan meningkatkan kapasitas kita sebagai mediator yang baik, menyelesaikan masalah tanpa masalah," tegas Afif.

"Mediaror itu kemampuan, ketrampilan yang tidak hanya bisa didapat dengan membaca buku saja," imbuhnya.

Selain itu, Afif juga berharap dalam situasi apapun divisi penyelesaian sengketa mempunyai kemampuan yang luar biasa. "Termasuk juga bagaimana memediasi jika ada ketegangan antarkomisioner atau komisioner dengan sekretariat," tandasnya.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Jaa Rizka Pradana

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020
BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu