• English
  • Bahasa Indonesia

Abhan: Pengawasan Pemilu 2019 Modal Hadapi Pilkada 2020

Ketua Bawaslu Abhan didampingi Sekertaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro membuka rapat koordinasi peningkatan soliditas kelembagaan Bawaslu Kabupaten se provinsi Sumatra Utara, di Kabupaten Nias Selatan, Sabtu 6 Juli 2019/Foto: Hendi Purnawan

Teluk Dalam, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, peran Bawaslu tingkat provinsi dan kabupaten/kota di Sumatra Utara (Sumut) dalam mengawasi Pemilu Serentak 2019 merupakan pengalaman penting.

Menurutnya, pengalaman tersebut bisa menjadi modal dalam mengawasi 23 pilkada di Sumut tahun depan. "Pengalaman mengawasi Pemilu 2019 lalu bisa dijadikan pelajaran dalam menghadapi Pilkada 2020," ucapnya saat membuka Rapat Koordinasi Peningkatan Soliditas Kelembagaan Bawaslu Kabupaten se Provinsi Sumatra Utara yang berlangsung di Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sabtu (6/7/2019).

Baca juga: Bawaslu Matangkan Kurikulum Sekolah Kader Pengawasan Pemilu Angkatan Kedua

Menurutnya, tantangan dan tanggung jawab Bawaslu tingkat provinsi dan kabupaten/kota menjelang Pilkada 2020 sudah di depan mata. Karenanya, dia meminta mulai saat ini harus dipersiapkan dengan baik. "Koordinasi antara pimpinan dan kepala sekertariat harus lancar," cetusnya.

"Kegiatan ini sangat tepat diadakan untuk meningkatkan soliditas dan evaluasi kekurangan yang sebelumnya," tambah Abhan.

Dirinya menilai, kinerja dan keberhasilan jajaran Bawaslu di Sumut selama mengawasi Pemilu Serentak 2019 harus bisa dipertahankan. Sebab dalam kalkulasinya, Pemilu 2019 paling rumit dan baru pertama kali diadakan pemilihan presiden dan legislatif secara serentak.

Baca juga: Bimtek dan Konsolidasi Penataan Aset, Upaya Bawaslu Pertahankan WTP

"Kami apresisasi pengawas pemilu di seluruh Sumut. Ini semua karena didasari oleh semangat soliditas, integritas, mentalitas yang kuat, dan profesional. Itu modal pengawas pemilu dalam mengawal proses demokrasi di Indonesia," ujarnya.

Sekadar informasi, tahun depan ada 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota yang akan melaksanakan Pilkada Serentak 2020. Wilayah tersebut sebelumnya menggelar pilkada pada Desember 2015 lalu.

Editor: Ranap Tumpal HS

 

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020
BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu