• English
  • Bahasa Indonesia

Abhan Minta Laporan Pengawasan di Kabupaten/Kota Mudah Dibaca

Ketua Bawaslu Abhan (kiri) dan Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Hotma Maya Marbun saat menjadi pembicara Rapat Review Laporan Bawaslu Kabupaten/Kota Tahap Pertama di Jakarta, Kamis 8 Agustus 2019/Foto: Hendi Purnawan

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Ketua Bawaslu Abhan meminta seluruh Bawaslu kabupaten/kota membuat laporan hasil pengawasan Pemilu 2019 yang punya nilai akademis dan literasi. Hal tersebut menurutnya supaya bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan info kepemiluan di Indonesia.

‘’Laporan harus bisa didokumentasikan dengan baik. Kalau laporannya bagus dan lengkap bisa mudah dibaca oleh siapapun,’’ katanya dalam acara Rapat Review Laporan Bawaslu Kabupaten/Kota Tahap Pertama di Jakarta, Kamis (8/8/2019) malam.

Baca juga: Rencana ‘Judicial Review’ UU Pilkada, Fritz: Kita Manfaatkan Momentum

Abhan menambahkan, kinerja Bawaslu mengawasi tahapan Pemilu 2019 sudah maksimal. Untuk itu, dia ingin kinerja tersebut harus diiringi oleh dokumentasi laporan yang baik agar bisa dilihat oleh masyarakat.

Seperti yang pernah dikatakan sebelumnya, mantan ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah ini berharap setiap kabupaten/kota bisa mengemas laporan dalam bentuk buku. ‘’Nantinya, dalam buku tersebut berisi intisari laporan yang telah dibuat oleh kabupaten/kota. Isinya jangan terlalu kaku dan harus sesuai dengan karekter masing-masing daerah,’’ pintanya.

Namun, Abhan memahami tidak semua kabupaten/kota bisa menerjemahkan laporan ke dalam sebuah buku. Hal itu baginya bisa dimaklumi. "Jika tidak ada kemampuan menulis, dibolehkan untuk merekrut penulis dan editor dari pihak luar untuk membuat buku," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Hotma Maya Marbun menuturkan, ada 21 tim yang bakal melakukan 'review' laporan terhadap Bawaslu tingkat kabupaten/kota. Masing-masing tim, ujarnya, kebagian delapan kabupaten/kota.

‘’Setiap tim akan didampingi tenaga ahli dan tim asistensi. Juga dibantu staf sekertariat kesekjenan Bawaslu, sehingga tim tidak bekerja sendirian,’’ ungkapnya.

Baca juga: Bawaslu Papua Barat Siap Awasi Hitung Ulang di Pegunungan Arfak 

Hotma menambahkan, hal ini merupakan rangkaian kegiatan yang akan digelar tiga kali. Untuk kegiatan yang pertama ini dijadwalkan akan selesai pada Jumat (9/8/2019) malam.

Editor: Ranap Tumpal

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu