• English
  • Bahasa Indonesia

Abhan: Mediasi Memang Baik, Tetapi Jangan Lupakan Ajudikasi

Ketua Bawaslu Abhan (ketiga ddari kiri) membuka kegiatan Pelatihan Mediator Bagi Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi Tahap II, Selasa (26/11/2019) malam/Foto: Nurisman

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan mengingatkan, jajaran Bawaslu daerah yang menggelar Pilkada Serentak 2020 agar tidak terlena dengan penyelesaian sengketa melalui mediasi. Menurutnya, meskipun mediasi memberikan kemudahan, namun tidak menutup kemungkinan penyelesaian melalui ajudikasi tetap dilaksanakan.

"Poin kita adalah kalau sudah punya ilmu di mediasi tapi juga harus memperdalam di ajudikasi. Itu tidak kalah berat juga," ujarnya dalam membuka kegiatan Pelatihan Mediator Bagi Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi Tahap II, Selasa (26/11/2019).

Baca juga: Eksistensi Bawaslu Meningkat, Fritz Minta Sosialisasikan POS Bantuan Hukum 

Abhan menilai, pada Pemilu 2019 lalu, tingkat penyelesaian sengketa melalui jalur mediasi lebih sedikit dibandingkan dengan jalur ajudikasi. Sehingga, bukan berarti mediasi menjadi jalan satu-satunya untuk menyelesaikan sengketa, lebih dari itu penyelesaian melalui jalur ajudikasi.

"Kalau kita melihat data presentasi penyelesaian sengketa proses banyak yang berakhir pada ajudikasi. Mediasi sedikit lah," ungkap dia.

Selain itu, Abhan merasa waktu penyelesaian mediasi yang dinilai sangat singkat. "Di dalam mediasi sangat dibatasi yang hanya dua hari. Artinya kalau ada 12 hari penyelesai sengketa, 10 harinya ada di ajudikasi," jelasnya.

Baca juga: Bagja Harap Mediator Siap Selesaikan Sengketa Pilkada 2020 

Meski penyelesaian sengketa melalui mediasi terbilang tidak sulit, namun Abhan menganggap proses untuk mencapai mediasi tidak mudah. Oleh sebab itu, Abhan meyakinkan, pelatihan ini mampu membuat Bawaslu daerah bisa menjadi mediator yang baik terutama dalam menyambut Pilkada 2020. 

"Saya ingin katakan bahwa dalam penyelesaian sengketa harus ada dua keahlian satu sebagai mediasi dan penyelesaian ajudikasi. Meski kalau dibandingkan dua ini lebih berat di ajudikasi," pungkas Abhan.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu