• English
  • Bahasa Indonesia

Abhan: Hasil Survei Litbang Kompas Sebagai Refleksi Tingkatkan Kerja Bawaslu

Ketua Bawaslu Abhan saat memberikan pengarahan dalam  Rapat Koordinasi Rapat Kerja Teknis Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Bawaslu di Banggai, Sulawesi Tengah, Minggu (27/10/2019) malam/Foto: Robi Ardianto

Banggai, Badan Pengawas Pemilihan Umun - Ketua Bawaslu Abhan menilai, hasil survei Kompas menjadi refleksi bersama untuk meningkatkan kerja Bawaslu.

Misalnya terkait dengan  integritas, keyakinan terhadap penyelenggara pemilu berdasarkan hasil survei Kompas menyebutkan, 80% responden mengatakan setuju penyelenggara pemilu sudah berintegritas, 5,3% yang tidak setuju, dan 3,6% mengatakan tidak tahu.

"Nilai tersebut sebagai pelecut kita agar bisa lebih baik. Tentu tergantung komitmen dan integritas kita," katanya saat memberikan pengarahan dalam  Rapat Koordinasi Rapat Kerja Teknis Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Bawaslu di Banggai, Sulawesi Tengah, Minggu (27/10/2019) malam.

Dia mengimbau, jajaran Bawaslu daerah tidak ragu dan tegas dalam menindak jika menemukan adanya pelanggaran saat pilkada mendatang.

"Itu dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat. Ternyata Bawaslu (tingkat) kabupaten/kota dan provinsi tidak gentar menegakkan aturan. Jangan takut meski yang memberi NPHD adalah petahana," tegasnya.

"Jika, memang terbukti, datanya valid kenapa tidak ditindaklanjuti? Harus tegas agar meningkatkan kepercayan publik. Masyarakat akan semakin percaya kepada kita," tambah Abhan.

Dia melanjutkan, seandainya adanya pelanggaran di depan mata, namun tidak ditindaklanjuti hal tersebut akan mengakibatkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap Bawaslu. "Penting bagaimana meningkatkan kepercayaan publik kepada kita (Bawaslu) dengan kerja-kerja ketegasan kita. Kerja-kerja yang maksimal dalam pengawas dan penindakan hukum karena itulah yang ditunggu publik," ujarnya.

Hasil survei tersebut, kata Abhan, menjadi catatan penting bagi Bawaslu agar semakin berintegritas dan mendapatkan kepercayaan publik.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu