• English
  • Bahasa Indonesia

Yakin Raih WTP Kelima, Sekjen Bawaslu: Mempertahankan Lebih Sulit

Sekjen Bawaslu Gunawan Suswantoro saat memberikan arahan dalam Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan Satker di Lingkungan Bawaslu Tahun 2019, di Bandung, Rabu (12/02/2020) malam/Foto: Irwan

Bandung, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu Gunawan Suswantoro berkeyakinan Bawaslu mampu mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kelima tahun anggaran 2019 terkait tata kelola laporan keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Saya yakin Bawaslu mampu meraih WTP untuk laporan keuangan tahun 2019 yang diberikan oleh BPK. Bila demikian, Bawaslu berhasil mempertahankan WTP lima tahun berturut-turut,” ucapnya saat memberikan arahan dalam Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan Satker di Lingkungan Bawaslu Tahun 2019 di Bandung, Rabu (12/02/2020) malam.

Mempertahankan WTP menurutnya, tidaklah gampang karena tantangan berbeda setiap tahunnya. Terlebih pada 2019, Bawaslu mengelola keuangan gelaran Pemilu Serentak. Dia menegaskan, hal tersebut membutuhkan keseriusan, ketelitian, dan koordinasi yang baik antara satuan kerja (Satker).

Gunawan juga meminta jajaran di Bawaslu daerah untuk benar-benar menjalankan proses laporan keuangan dengan sebaik-baiknya.

“Mempertahankan lebih sulit daripada meraihnya pertama kali. Saya minta ada keseriusan, ada koordinasi yang baik dan saling melengkapi. Harus disinkronkan antarlaporan keuangan dengan laporan barang milik negara (BMN) supaya ketika diperiksa tidak ada masalah,” pinta dia.

Jika Bawaslu mampu mempertahankan WTP lima tahun berturut-turut, dirinya mengakui akan ada kebanggaan tersendiri. “Sebagai Sekjen Bawaslu tentu saya bangga jika Bawaslu mampu WTP lagi untuk laporan keuangan 2019 karena pengelolaan keuangan Bawaslu sampai ke tingkat desa. Kita harus bangga. Karenanya saya minta laporan keuangan Bawaslu harus dikawal bersama-sama,” tegas dia.

Bila WTP kelima diraih, Gunawan memprediksi kemungkinan besar Bawaslu diundang langsung Menteri Keuangan untuk diberikan sertifikat sebagai lembaga yang mampu WTP hingga lima kali berturut-turut.

Untuk diketahui, Bawaslu telah berhasil meraih opini WTP yang diberikan oleh BPK empat tahun berturut-turut dalam pengelolaan keuangan. Predikat opini WTP diraih Bawaslu sejak tahun 2015, 2016, 2017, dan 2018.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu