• English
  • Bahasa Indonesia

Totok Sebut Divisi Hukum sebagai Lentera Bawaslu

Anggota Bawaslu Totok Hariyono menyebut Divisi Hukum adalah Lentera Bawaslu dalam acara Rapat Kerja Teknis Gelombang IV, Persiapan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu Tahun 2024. Selasa, (6/12/2022) di Nusa Dua, Bali.

Bali, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Totok Hariyono mengatakan Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa adalah lentera Bawaslu. Alasannya, kata dia, Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa banyak melakukan kajian-kajian yang dibutuhkan Bawaslu.

"Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa adalah lentera bagi divisi lain yang menerangi kegiatan pengawasan pemilu," ujarnya Hal ini disampaikannya saat menutup Rapat Kerja Teknis Gelombang IV, Persiapan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu Tahun 2024. Selasa, (6/12/2022) di Nusa Dua, Bali.

Kajian-kajian itu, kata dia, dapat membantu pekerjaan dalam pencegahan dan pengawasan. Ditambah lagi, kajian-kajian hukum memberikan arahan yang jelas, sehingga meminimalisir kesalahan dalam pengawasan pemilu.

"Kajian-kajian hukum Bawaslu memberi arahan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan," tegasnya.

Dia berharap dengan adanya kajian tersebut Bawaslu bekerja lebih tenang sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. "Pengawas pemilu harus lebih cerdas dari apa yang diawasi," ujarnya.

Foto: Abdul Hamid

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu