• English
  • Bahasa Indonesia

Terima Audiensi Komisi A DPRD Jateng, Totok Sampaikan Kesiapan Bawaslu

Anggota Bawaslu Totok Hariyono menyampaikan kesiapan Bawaslu dalam mengawasi setiap tahapan saat audiensi Komisi A DPRD Jawa Tengah ke Kantor Bawaslu, Selasa (14/6/2022).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Totok Hariyono menyampaikan, Bawaslu siap mengawasi setiap tahapan, terutama masa kampanye Pemilu Serentak 2024 yang rencana akan berlangsung selama 75 hari. Hal itu disampaikannya saat menerima audiensi Komisi A DPRD Jawa Tengag di Kantor Bawaslu RI, Selasa (14/6/2022)

"Mau berapapun lamanya tahapan pemilu, saya tegaskan bahwa kami (Bawaslu) siap mengawasi selama tahapan pemilu, khususnya selama masa kampanye 75 hari," katanya.

Bentuk kesiapan Bawaslu, ujar Totok, dengan memaksimalkan proses penyelesaian sengketa pemilu. Sebab menurutnya, proses penyelesaian sengketa pemilu ini berkaitan dengan penetapan daftar calon sementara (DCS), daftar calon tetap (DCT), dan juga penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Terlebih, ujar dia, jika proses penetapan DCS dan DCT banyak bermasalah dan proses penyelesaian sengketanya berlarut-larut, maka berpotensi mengganggu produksi surat suara.

"Maka proses penyelesaian sengketa dalam verifikasi partai politik ini yang biasanya berlangsung 12 hari di kami (Bawaslu), maka kami upayakan cuma 10 hari," terangnya.

Sebelumnya Wakil Ketua Komisi A dari Fraksi PKB Fuad Hidayat mengungkapkan alasan kedatangan pihaknya ke Bawaslu untuk menjelaskan, bahwa pihaknya sudah menganggarkan segala kebutuhan yang bisa dimanfaatkan untuk penyelenggaraan pemilu dari tahap awal hingga akhir di Provinsi Jawa Tengah.

Fotografer: Rama Agusta

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu