• English
  • Bahasa Indonesia

Tak Gelar Pilkada, Bagja Ingatkan Bawaslu DKI Jakarta Asah Penyelesaian Sengketa

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja (kanan) saat menjadi narasumber Rapat Koordinasi Hasil Pengawasan Pemilihan Umum Tahun 2019, Jumat (18/10/2019) yang digelar Bawaslu DKI Jakarta/Foto: Bhakti Satrio

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - DKI Jakarta tak menggelar Pilkada Serentak 2020 menjadi momentum menggali asah penyelesaian sengketa pemilu. Hal ini diingatkan Anggota Bawaslu Rahmat Bagja saat menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Hasil Pengawasan Pemilihan Umum Tahun 2019, Jumat (18/10/2019) yang digelar Bawaslu DKI Jakarta.

Permasalahan sengketa di DKI Jakarta pada Pemilu 2019 dikatakan Bagja terhitung sedikit. Hanya ada enam pelanggaran yang mana lima diantaranya diselesaikan melalui ajudikasi dan menghasilkan putusan dan satu melalui mediasi. Dia menegaskan, perlu menggali asah pengalaman dalam penyelesaian sengketa demi masa mendatang.

Bagja menyampaikan, Bawaslu DKI Jakarta perlu mengingat betul apa yang menjadi inti penting dari penyelesaian sengketa, yaitu objektivitas.

"Teman-teman, penyelesaian sengketa tidak akan lepas dari proses yang dijalankan. Apa yang terpenting dalam memutuskan sesuatu? Objektivitas. Harus hati-hati dalam membuat putusan. Kita ini adalah pihak yang menjadi tempat mengadu," tegas Bagja.

Bagja berharap, Bawaslu DKI Jakarta tidak terlena dengan capaian yang sudah ditorehkan. Dia meminta jajaran pengawas ibu kota tetap berlatih dengan cara belajar dari catatan-catatan yang dialami Bawaslu daerah lain.

"Ibarat tentara yang tidak pernah berlatih menembak, kalau ikut perang dia akan kalah. Oleh karena itu mengasah kemampuan adalah hal yang penting untuk dilakukan," jelas Bagja.

"Hanya pada penyelesaian sengketa yang mempunyai produk putusan. Kita menghadapi sengketa dan tidak boleh main-main karena ini jadi permasalahan kita semua," imbuh Bagja.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020
BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu