• English
  • Bahasa Indonesia

Supervisi Rekapitulasi Suara di Batang, Abhan Ingatkan Petugas Jaga Kesehatan

Ketua Bawaslu Abhan memeriksa Sertifikat Perolehan Suara DPRD Kabupaten Batang, saat melakukan supervisi Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2019 Tingkat Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, Jumat 3 Mei 2019/Foto: Muhammad Zain Tarsang

Batang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu, Abhan, Jumat (3/5/2019) pagi menghadiri rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat KPU kabupaten Batang, Jawa Tengah. Kegiatan berlangsung di Hotel Dewi Ratih sejak kemarin yang rencananya dirampungkan hari ini.

Abhan mengingatkan seluruh petugas, agar menjaga kondisi kesehatan, meski sebenarnya kerja petugas rekapitulasi tingkat kabupaten lebih ringan dibandingkan tingkat kecamatan. Sebab, dalam catatan Pemilu serentak 2019 ini, jumlah penyelenggara pemilu total lebih dari 500 orang meninggal dunia dan ribuan lainnya sakit. Rinciannya, dari data terakhir, 412 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tewas ditambah 92 orang dari pengawas pemilu yang gugur.

"Saya minta para petugas harus menjaga ritme kerja dan kesehatan. Jangan dipaksakan jika fisik kurang sehat. Jangan sampai ada yang gugur lagi," ujarnya.

Selain kesehatan, Abhan juga berpesan, petugas diminta lebih teliti dalam memeriksa surat suara dan berkas. Hal ini guna tidak menimbulkan permasalahan yang menimbulkan polemik.

"Kerjanya jangan terburu-buru. Harus teliti dan akurat. Dicek berkali-kali sebelum memutuskan," ungkapnya.

Namun, dirinya menegaskan, proses rekapitulasi yang sedang berjalan serentak di seluruh Indonesia berjalan lancar dan bisa selesai tepat waktu.

Dalam kunjungan supervisi ini, Abhan didampingi Ketua Bawaslu Batang, Ahmad Soeharto, Koordinator Sekretariat Bawaslu Batang, Lutfiya, dan Kordiv Humas Hubal Bawaslu Jateng, Muhammad Rofiuddin.

Setelah dari Batang, Abhan berencana melanjutkan supervisi rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten/kota Pemilu 2019 di Kota Boyolali, Jateng.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

 

Si Jari Hubal Bawaslu

 

E-PANTAU Bawaslu

 

SAVERO Bawaslu

 

SITINJU Bawaslu

 

SIGAP Bawaslu

 

e-PANDUMAS

 
 

 

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu