• English
  • Bahasa Indonesia

Sukseskan Pemilu 2019, Jaksa Agung Apresiasi Bawaslu

Jaksa Agung HM Prasetyo (tengah kemeja putih) berfoto dengan empat pimpinan Bawaslu (Mochmad Afifuddin, Abhan, Ratna Dewi Pettalolo, dan Rahmat Bagja) di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Selasa 20 Agustus 2019/Foto: Nurisman

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Jaksa Agung HM Prasetyo mengapresiasi kinerja Bawaslu dalam mengawal kesuksesan pemilu. Dia mengakui, Pemilu 2019 berjalan sangat baik dan lancar akibat kinerja KPU dan Bawaslu bekerja maksimal walaupun hasil pemilu tetap digugat ke Mahkamah Konstitusi, baik hasil pemilihan presiden (pilpres) maupun pemilihan legislatif (pileg).

“Atas kinerja jajaran Bawaslu mengawal proses, pemilu bisa berjalan lancer. Saya berikan apresiasi dan berharap Bawaslu juga sukses mengawal pemilihan kepala daerah di 270 wilayah,” ungkapnya saat menggelar pertemuan dengan tiga pimpinan Bawaslu di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Selasa (20/8/2019).

Baca juga: Bawaslu Tak Terima Dua Laporan Dugaan Pelanggaran Administrasi di Papua 

Prasetyo bercerita, jauh hari sebelum tahapan pemilu dimulai ada kemungkinan pihak menaruh keraguan terhadap penyelenggara pemilu lantaran dilakukan secara serentak untuk kali pertama dalam sejarah pemilu di Indonesia. Namun, lanjutnya, KPU, Bawaslu, dan DKPP sebagai penyelenggara pemilu bisa mementahkan keraguan tersebut dengan menghasilkan pemilu yang baik.

Dia juga mengharapkan pemilu maupun pilkada ke depan jauh lebih baik lagi dengan kolaborasi KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara. “Saya pribadi dan atas nama jabatan sebagai Jaksa Agung tentunya berharap pelaksanaan pemilu dan pilkada ke depannya jauh lebih sukses. Walau mungkin sama seperti pemilu kemarin ada segelintir peserta yang hanya siap menang tapi belum siap kalah,” tukasnya.

Baca juga: Di Hadapan Jaksa Agung, Ketua Bawaslu Ungkap Perlunya Evaluasi Gakkumdu

Selain itu, Prasetyo menambahkan, terkait Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Menurutnya, kejaksaan yang terlibat hingga tingkat kabupaten/kota harus meningkatkan sinergitas dan kerjasama antarpersonil.

“Gakkumdu ini kan perkumpulan personil dari tiga instansi berbeda, tentu menyamakan pemahaman yang sama dalam satu tujuan yaitu menegakkan pidana pemilu tidak mudah. Maka, sinergi dan kerjasama yang telah terjalin harus ditingkatkan,” tutupnya.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 24 September 2019 WIB
To event remaining 2 days
Tempat :
Mabel POLRI, Jakarta
Waktu:
Minggu, 22 September 2019 WIB
The upcoming date less then 1 day.
Tempat :
Surabaya
Waktu:
Minggu, 22 September 2019 WIB
The upcoming date less then 1 day.
Tempat :
Bali
Waktu:
Sabtu, 21 September 2019 WIB
Tempat :
Bali
Waktu:
Jumat, 20 September 2019 WIB
Tempat :
Bali

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu