• English
  • Bahasa Indonesia

Sosialisasi Perbawaslu SPBE, Abhan Yakini Kinerja Bawaslu Semakin Cepat dan Baik

Ketua Bawaslu Abhan (batik oranye) didampingi Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar (batik merah) dan Kapusdatin Lita Gustina menyosialisasikan Perbawaslu SPBE secara virtual, Senin (17/1/2022)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu.
Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum– Bawaslu menyosialisasikan Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) Nomor 3 Tahun 2021 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) kepada seluruh jajaran Bawaslu provinsi melalui dalam jaringan (daring). Ketua Bawaslu Abhan meyakini sistem ini membuat kinerja Bawaslu semakin baik, dan mempercepat sistem persuratan. 
 
“Salah satunya aplikasi Srikandi yang sangat memudahkan. Soal persuratan bisa ditandatangani dimanapun. Tidak harus ada di kantor,” ungkapnya dalam forum virtual dari Kantor Bawaslu di Jakarta, Senin, (17/1/2021). 
 
 
Dia mengakui terdapat beberapa kendala yang dialami oleh beberapa aplikasi yang biasa digunakan Bawaslu. Ada aplikasi yang sering bermasalah ketika digunakan, akibatnya sedikit menghambat pekerjaan. 
 
“Beberapa kendala harus disempurnakan. Kualitas jaringan yang kurang baik harus segera bisa teratasi, supaya memudahkan pekerjaan,” ungkap Koordinator Divisi SDM dan Organisasi itu. 
 
Sedangkan Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar menuturkan, kehadiran Perbawaslu Nomor 3 Tahun 2021 merupakan awal dari berbagai inovasi yang Bawaslu lakukan di masa yang akan datang. 
 
“Pengunaan aplikasi jadikan Bawaslu lebih modern. Bawaslu tidak bisa lagi pakai cara-cara konvensional. Harus lebih baik dari sebelumnya,” ujarnya. 
 
 
Kepala Pusat Data dan Informasi Bawaslu Lita Gustina menambahkan tujuan penerapan SPBE adalah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. 
 
“Kami berupaya meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan publik kepada masyarakat di bidang kepemiluan perlu dikembangkan dan ditingkatkan melalui suatu sistem berbasis elektronik yang terpadu, menyeluruh, dan menjangkau masyarakat luas,” jelasnya. 
 
Dalam kegiatan ini, Bawaslu memberikan penghargaan kepada Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota divisi hukum, humas data dan informasi yang telah bekerja dengan baik selama 2021 lalu.  
 
Fotografer: Bagus Pradana
Editor: Jaa Pradana
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu