• English
  • Bahasa Indonesia

Sistem Jemput Bola Bawaslu Solok Jalin Keterbukaan Informasi

Ilustrasi Keterbukaan Informasi Publik-Dinar Safa

Solok, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Kota Solok melakukan 'sistem jemput bola' dengan melakukan kunjungan ke kantor Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Solok, Kamis (8/8/2019) Kunjungan ini guna menyampaikan rencana kerja sama bidang keterbukaan informasi.

Rombongan dipimpin Ketua Bawaslu Solok Triati bersama dua Anggota Bawaslu Solok; Rafiqul Amin dan Budi Santosa. Hadir pula Koordinator Sekretariat Bawaslu Solok Agustin Melta.

Baca juga: Hitung Ulang di Aceh, Bawaslu Susun Pengawasan Secara Transparan

Mengacu amanat UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, maka Bawaslu Solok berkewajiban menyampaikan informasi dan data-data terkait pelaksanaan tugasnya. Dalam menunjang kewajiban tersebut, Bawaslu Solok melakukan koordinasi dengan Diskominfo Kota Solok melakukan kerja sama bidang publikasi dan pengembangan website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumen (PPID) Bawaslu Solok.

Triati menjelaskan, tugas-tugas pengawasan harus dibarengi dengan keterbukaan informasi publik agar masyarakat umum mengetahui sejauh mana pelaksanaan tugas yang yang dilaksanakan jajarannya. Menurutnya, publik berhak tahu atas apa apa yang dilakukan dalam proses pengawasan, terkecuali bagi yang dikecualikan sesuai aturan.

Baca juga: Putusan Sengketa Pileg di Maluku dan Banten Jadi Bukti Keterangan Bawaslu Berarti 

Dia pun berharap, proses kerja sama keterbukaan informasi ini seyogyanya berkelanjutan. "Kunjungan ini juga merupakan salah satu tugas Bawaslu Kota Solok, yaitu melakukan koordinasi dengan setiap lembaga terkait.  Ke depan tentunya akan membentuk kerja sama yang baik dan bermanfaat demi suksesnya pengawasan pemilu di masa akan datang," tutup Triati.

Penulis: Didi Palimo (Bawaslu Kota Solok)

 

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Jumat, 22 November 2019 WIB
To event remaining 38 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 21 November 2019 WIB
To event remaining 37 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Rabu, 20 November 2019 WIB
To event remaining 36 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 15 Oktober 2019 WIB
The upcoming date less then 1 day.
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 14 November 2019 WIB
To event remaining 30 days
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu