• English
  • Bahasa Indonesia

Sidak ke Lamsel, Bagja Berikan Tips Panwascam Jadi Mediator Penyelesaian Sengketa

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja saat mengunjungi kantor Panwascam (Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan), Panengahan, Kabupaten Lampung Selatan, Jumat, (13/11/2020)/Foto: Humas Bawaslu RI.

Lampung Selatan, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Rahmat Bagja melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Panwascam (Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan), Panengahan, Kabupaten Lampung Selatan, Jumat, (13/11/2020). Dia memberikan tips untuk para ketua dan anggota Panwascam Panengahan menjadi mediator handal dalam setiap penanganan pelanggaran sengketa pilkada, baik sengketa administrasi, sengeketa kode etik, dan pelanggaran protocol kesehatan pada masa kampanye pilkada 2020.

“Mediator yang handal adalah menyelesaikan dengan persuasif. 'Treatment' pencegahan bukan penindakan atau hukuman karena kewajiban membubarkan ada di pihak kepolisian dan kepolisian bertindak berdasarkan rekomendasi dari bawaslu, dari teman-teman Panwascam,” ujarnya.

Lebih lanjut Bagja berharap kewenangan Panwascam dalam mengusulkan kepada Bawaslu Kabupaten/Kota untuk memberikan rekomendasi pengurangan masa kampanye kepada pasangan calon yang terbukti melanggar protocol kesehatan pencegahan covid-19.

“Masa kampanye sekarang ini mulai naik lagi pelanggarannya, Panwascam diharapkan tegas kepada teman-teman tim kampanye yang melanggar protokol kesehatan. (Caranya) tetap dengan mengedepankan mediator pencegahan guna menghindari potensi konflik dengan peserta kampanye di lapangan,” imbuhnya.

Pria kelahiran Medan yang juga Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu ini mengingatkan Panwascam agar mengantisipasi pergerakan tim kampanye pasangan calon pada akhir masa kampanye atau pada masa tenang. Hal tersebut menurutnya sering dilakukan oleh tim kampanye untuk melakukan pelanggaran pilkada seperti politik uang.

“Di tahapan masa tenang adalah tahapan masa tidak tenang untuk pengawas,” tutupnya.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Nurisman

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu