• English
  • Bahasa Indonesia

Seleksi Calon Anggota Bawaslu Jabar dan DOB, Sekretariat Bawaslu Provinsi Harus Fasilitasi Kebutuhan Timsel

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty memberikan pembekalan timsel calon anggota Bawaslu Provinsi di Jakarta, Kamis (23/2/2023/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu.

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Lolly Suhenty menegaskan, kepala sekretariat Bawaslu provinsi merupakan sistem pendukung Tim Seleksi (Timsel) yang akan melakukan seleksi calon anggota Bawaslu provinsi, bukan sebagai bawahan atau anak buah timsel.

"Keduanya memiliki kedudukan yang sama, punya peran masing-masing dalam tahapan seleksi. Maka dukungan dari sekreatariat untuk memudahkan dan harus fasilitasi kebutuhan kerja timsel," ucapnya dalam Rapat Pembekalan Tim Seleksi Jawa Barat, Papua, Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan di Jakarta, Kamis (23/2/2023).

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat ini menuturkan, terdapat beberapa individu dalam timsel yang sudah memiliki pengalaman proses seleksi, ada juga yang belum pernah menjadi timsel. Hal tersebut tidak menjadi masalah, keduanya harus bersinergi untuk saling melengkapi.

"Bagi yang sudah punya pengalaman bisa diceritakan ke yang baru. Sebaliknya, yang baru jangan sungkan untuk bertanya. Gali informasi sebanyak mungkin," ungkap perempuan asal Jawa Barat itu.

Dalam melakukan seleksi calon anggota Bawaslu Provinsi, Lolly mengingatkan timsel untuk komitmen terhadap afirmasi perempuan, kelompok rentan dan kaum marjinal dan minoritas. Hal tersebut harus menjadi perspektif timsel dan menjadi isu yang tidak boleh dilupakan dalam proses seleksi.

"Tugas timsel memang tidak mudah ditengah ekepstasi publik yang tinggi terhadap Bawaslu. Tolong dipahami pedoman dalam proses seleksi. Setiap individu harus membaca pedoman dengan detail," ujarnya.

Sebagai informasi, Bawaslu telah membentuk timsel di lima provinsi untuk melakukan seleksi calon anggota Bawaslu Provinsi yakni Jawa Barat, Papua, Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan. Setiap satu provinsi timsel berjumlah lima orang.

Editor: Jaa Pradana
Fotografer: Hendi Purnawan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu