• English
  • Bahasa Indonesia

Sekjen Bawaslu Minta Daerah Buat Program Menyentuh Masyarakat

Sekjen Bawaslu Gunawan Suswantoro saat menjadi narasumber dalam kegiatan Rapat Penelitian dan Review Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Lembaga (RKA-KL) Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun Anggaran 2020 di Jakarta, Jumat 18 Oktober 2019/Foto: Hendi Purnawan

Jakarta, Badan Pengawasan Pemilihan Umum – Sekertaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu Gunawan Suswantoro menuturkan, keberadaan Bawaslu sangat penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Namun dia meyakini, program yang dibuat Bawaslu bisa menyentuh masyarakat sehingga meningkatkan pengawasan partisipatif.

“Kalau tidak ada Bawaslu demokrasi tidak akan jujur dan adil,” ucapnya saat menjadi narasumber dalam kegiatan Rapat Penelitian dan Review Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Lembaga (RKA-KL) Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun Anggaran 2020 di Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Gunawan menambahkan, tahun 2020 merupakan tahun yang sangat strategis bagi Bawaslu untuk menunjukkan kepada masyarakat dan stakeholder bahwa Bawaslu sejak 2017 telah berhasil mengawasi jalannya pilkada dan pemilu. “Tahun 2020 sebagai momentum untuk lebih membumikan Bawaslu. Supaya masyarakat tahu Bawaslu telah bekerja dengan baik,” ujarnya.

Gunawan pun meminta kepada Bawaslu tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk membuat program yang sesuai dengan Bawslu pusat.

"Saat ini Bawaslu sedang mengatur program per divisi yang tercermin dengan program provinsi. Program (tahun) 2020 harus menyatu dengan pusat. Maka buatlah perencanaan dengan matang dan penuh perhitungan,” harapnya.

Selain itu, dia juga meminta seluruh jajaran Bawaslu untuk membuat program yang menyentuh masyarakat dari berbagai macam latar belakang dan usia yang beragam. Tujuannya, supaya masyarakat ikut terlibat pengawasan partisipatif.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Hendi Purnawan

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020
BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu