• English
  • Bahasa Indonesia

Sekjen Bawaslu Dukung Tim Pemeriksa Tematik Pemilu dari BPK

Sekjen Bawaslu Gunawan Suswantoro saat melaksanakan pertemuan Entry Meeting Pelaksaan Pemeriksaan Pendahuluan BPK atas Anggaran Kegiatan Pemilu 2019 dengan Tim Pemeriksa Tematik di Ruang Rapat Lantai 4 Gedung Bawaslu, Senin 8 Juli 2019/Foto: Irwansyah.

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu Gunawan Suswantoro memerintahkan seluruh jajaran Bawaslu untuk membantu Tim Pemeriksa Tematik dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Demikian arahan saat pertemuan Entry Meeting Pelaksaan Pemeriksaan Pendahuluan BPK atas Anggaran Kegiatan Pemilu 2019.

Gunawan mengatakan, Bawalsu sudah pernah dua kali diperiksa terkait pemeriksaan tematik terkait anggaran pemilu. "Pemilu 2009, 2014 dan sekarang Pemilu 2019. Jadi kita sudah pernah dan merasakan pemeriksaan tematik pemilu ini," sebutnya di Ruang Rapat Lantai 4 Gedung Bawaslu, Senin (8/7/2019).

Baca juga:  Sekjen Bawaslu Minta Bawaslu Provinsi Siapkan Analis Aset 

Guna mendukung kerja tim pemeriksa, Gunawan memerintahkan seluruh jajaran Bawaslu membantu tim pemeriksa. Bantuan tersebut berupa penyerahan data dan informasi yang detail dan rinci. “Dengan begitu, antara pemeriksa dan yang diperiksa memiliki komunikasi yang baik,” sebutnya.

Terlebih waktu kerja Tim Pemeriksa Tematik dari BPK ini punya waktu kerja terbatas, yakni pemeriksaan pendahuluan hanya 20 hari kerja. Mulai Senin 8 Juli 2019 hingga 2 Agustus 2019. "Rasanya kita sudah tidak asing dengan pemeriksaan pendahuluan tekmatik pemilu. Semua data yang diminta segera diserahkan, informasi diberikan dengan cepat dan detail," ujar Gunawan.

Sedangan Kepala Subauditorat IC3 BPK Aryono Prakoso menjelaskan, pemeriksaan tematik pemilu ini fokus anggaran tiga lembaga penyelenggara Pemilu, yaitu Bawaslu, DKPP, dan KPU. "Entry meeting dilaksanakan dengan standar, sebelum pemeriksaan dengan menjelaskan hal-hal dalam pemeriksaan," kata Aryono yang juga menjabat Wakil Penanggungjawab III Tim Pemeriksa Tematik Pemilu tersebut.

Selain itu, guna menyamakan pemahaman, BPK berencana menyelenggarakan diskusi terfokus dengan pihak terkait dalam kepemiluan. "Rencana melaksanakan workshop tentang pemeriksaan dengan mengundang KPU, Bawaslu dan DKPP. Diskusi permasalahan dan kegiatan dalam pemilu 2019, sebelum melaksanakan pemeriksaan terperinci pada bulan September," tutur Aryo.

Editor: Ranap Tumpal HS

Fotografer: Irwansyah

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu