• English
  • Bahasa Indonesia

Segera Luncurkan SIPS Versi Ketiga, Bagja: Sistem dan Fitur Akan Lebih Ramah

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja memberikan arahan terkait penyempurnaan sistem dan fitur, serta penyusunan kerangka dasar buku panduan SIPS di Bogor, Selasa (25/1/2022)/foto: publikasi dan pemberitaan Bawaslu

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Rahmat Bagja menyatakan Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa (SIPS) akan dibuat lebih ramah dan efisien dalam versi ketiganya. Rencananya penyempurnaan SIPS dengan versi terbaru akan diluncurkan pada Maret 2022 mendatang.

Dalam versi ini, menurut Bagja akan membuat pengunjung website dapat lebih mudah mencari data yang teregister seperti misalnya putusan penyelesaian sengketa.

"Semoga ini dapat memenuhi rasa keingintahuan parpol peserta pemilu caleg dan juga pencari keadilan yang mencari berbagai sumber data dari penegakan hukum di Indonesia," terangnya dalam Diskusi Kelompok Terpumpun (FGD) Penyempurnaan Fitur dan Penyusunan Kerangka Dasar Buku Panduan SIPS di Bogor, Selasa (25/1/2022).

Bagja juga menjelaskan tidak hanya fitur dan sistem yang dilakukan pemutakhiran, penyempurnaan buku panduan SIPS juga tengah disusun guna memudahkan Bawaslu daerah dalam mengaksesnya. Dia meminta dalam diskusi, Bawaslu Provinsi dapat membantu membuat isi buku panduan tersebut lebih menarik dari sebelumnya.

"Saya harap saat launching kita bisa lebih paham tentang mengelola SIPS, sebab jaman informasi berubah pesat dan kita harus beradaptasi dengan perkembangan itu," terang Bagja.

Acara ini juga mengundang koordinator divisi penyelesaian sengketa Bawaslu Provinsi dari Aceh, Sumatera Barat, Lampung, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Barat.

Penulis dan Foto: Reyn Gloria

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu