• English
  • Bahasa Indonesia

Rekapitulasi Suara Nasional, Abhan: Ada Kesalahan Kami Koreksi

Ketua Bawaslu Abhan (batik biru) ditemani anggota Bawaslu Mochamad Afiffudin (berpeci) saat melakukan pengawasan rekapitulasi suara tingkat nasional di kantor KPU hari ini/Foto: Muhtar

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu RI Abhan menyatakan, dalam mengawasi rekapitulasi nasional perlu adanya keterbukaan. Maka dari itu, semua proses bakal berjalan secara transparan.

Namun, Abhan tidak menutup segala kemungkinan yang ada. Menurutnya, apabila tercium bau kecurangan, Bawaslu tidak segan-segan akan mengoreksi kesalahan yang ada dalam prosedur.

"Kalau masih ada hal yang barangkali kesalahan, ya di forum ini untuk mengoreksi. Jadi hasil pengawasan kami nanti akan disampaikan dalam rekapitulasi," tegas Abhan di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Sabtu (4/5/2019).

Dia menambahkan, walaupun proses rekapitulasi luar negeri di beberapa negara ada yang belum selesai, proses rekapitulasi tetap berjalan untuk di negara yang prosedurnya sudah selesai. Abhan yakin, cara ini biar penyelesaian rekapitulasi tidak mundur sesuai target.

"Kami kira ini tahapan harus jalan terus yang sudah clear nanti dibacakan yang belum nanti akan kita jalan sambil selesai," ungkap Abhan.

Bawaslu diketahui sempat mendorong KPU untuk memperjelas dan menindaklanjuti pemilihan di Kuala Lumpur, Malaysia dan Sydney, Australia.

"Yang belum selesai kita tunda (pembacaan rekapitulasi) sampai selesai, (target) 22 Mei 2019 masih ada waktu," jelasnya.

Sebagai informasi, rapat rekapitulasi kali ini akan dibacakan hasil pemilu dari 26 Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN). Diantaranya: Sarajevo, Pyongyang, Lima, Tashkent, Cape Town, Bucharest, Tunis, Lisabon, Karachi, Praha, Hanoi, Yangon, Rabat, New Delhi, dan Dakar.

Ditambah dengan PPLN Helsinki, Wina, Moskow, Khartoum, Bandar Seri Begawan, Taipei, Kuwait, Melbourne, Singapura, Perth, dan Tokyo.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu