• English
  • Bahasa Indonesia

Ratna Dewi Minta Hak Pemilih Terpenuhi Untuk PSU Terakhir

Ratna Dewi Pettalolo (kanan) melakukan supervisi pelaksanaan PSU Pilpres di TPS 116 Kelurahan Rawamangun Pulo Gadung, Jakarta Timur, Sabtu (27/4/2019)/Foto: M. Zain Tarsang

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo melakukan supervisi pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 116, Jalan Sunan Kalijaga nomor 1A, kelurahan Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur, Sabtu (27/4/2019).

Kedatangan Ratna disambut jajaran Bawaslu Provinsi DKI Jakarta beserta KPUD DKI Jakarta. Ratna pun langsung memantau berjalannya PSU pemilihan presiden dan wakil presiden yang pelaksanaannya diambil alih langsung oleh KPUD Jakarta Timur ini.

Ratna mengatakan, pada hari terakhir pelaksanaan PSU ini, seluruh Komisioner Bawaslu RI 'turun gunung' untuk melakukan pengawasan di beberapa tempat. Menurutnya, selain petugas KPPS harus memastikan pelayanan kepada pemilih bisa dilayani dengan baik, juga memastikan pemilih yang telah mendapat form C7 (daftar hadir) yang terdaftar dalam DPT dapat menggunakan hak pilihnya.

"Yang harus dipastikan adalah pelayanan kepada pemilih harus dilayani dengan baik," tutur Ratna.

Sejauh pemantauannya di TPS 116, pelaksanaan pemungutan suara berjalan lancar. Bahkan dari 294 DPT, pada pukul 08.45 WIB sudah ada 92 pemilih yang kembali memberikan hak pilihnya.

Ratna juga tidak mempermasalahkan pengamanan pihak kepolisian yang menerjunkan banyak personil bersenjata lengkap. Baginya, hal tersebut lumrah sebagai bagian dari pengamanan.

Sebelumnya, Bawaslu Provinsi DKI Jakarta rekomendasikan KPU guna menggelar PSU di 3 wilayah, yakni Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur.

Total sebanyak 11 TPS yang perlu dilakukan PSU. Rinciannya, Jakarta Utara PSU 1 TPS, Jakarta Pusat 2 TPS, dan Jakarta Timur 8 TPS.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu