• English
  • Bahasa Indonesia

Rapot Merah Paslon Saat Kampanye Jadi Tolak Ukur Pemimpin Masa Depan

Ketua Bawaslu Nunukan Moch Yusran bersama Kapolres Kabupaten Nunukan AKBP Syaiful saat ada di Dialog Luar Studio RRI Nunukan, Kalimantan Utara, Senin (26/10/2020)/ Foto : Humas Bawaslu Kabupaten Nunukan

Nunukan, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Ketua Bawaslu Kabupaten Nunukan Moch Yusran menyampaikan salah satu hal konkrit yang dapat dijadikan tolak ukur dalam memilih pemimpin adalah rekam jejak pasangan calon (paslon). Sebab dia melihat jika ada paslon yang memiliki rapot merah hal itu bisa menjadi kerugian bagi mereka dalam hal perolehan suara.

Perlu disadari, tambah Yusran, tim pemenangan paslon tengah gencar berkampanye baik dengan mengundang maupun mendatangi masyarakat langsung untuk menyampaikan visi misinya. Hal ini menurutnya bisa membangun perspektif masyarakat tentang figur pemimpin yang pantas terpilih untuk menjabat tahun 2021 mendatang.

“Jadi selain rekam jejaknya di sosial masyarakat selama ini, cara memilih pemimpin yang berintegritas itu bisa dilihat dari seberapa banyak rapot merah pelanggarannya. Banyak disini bukan semata kuantitas melainkan beratnya pelanggaran,” kata Yusran di Nunukan, Kalimantan Utara Senin,  (26/10/2020)

Dia menegaskan rekam jejak paslon pada saat kampanye tentu menjadi salah satu yang bisa menjadi acuan kelayakan pemimpin itu. Sehingga Yusran menegaskan apabila sebelum menjabat paslon tersebut sudah melanggar maka tidak ada jaminan kelak calon pemimpin itu juga melanggar janji kampanyenya.

Sebagai informasi Bawaslu Kabupaten Nunukan telah menangani 20 pelanggaran diantaranya 4 laporan dan 16 Temuan. Yusran menyampaikan data ini masih jumlah minim yang diharapkan Bawaslu karena jumlah laporan dan temuan berbanding jauh, hal ini memperlihatkan antusiasme masyarakat terhadap terciptanya iklim demokrasi yang sehat masih minim.

“Kami tentu berharap jumlah laporan itu lebih banyak dibanding temuan," kata pria yang kerap disapa Bang Jago tersebut.

Penulis : Eko Surya (Humas Bawaslu Kabupaten Nunukan)
Editor : Reyn Gloria

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

 

Si Jari Hubal Bawaslu

 

Savero Bawaslu

 

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu