• English
  • Bahasa Indonesia

Rakornas Puslitbangdiklat Bawaslu, Afif Minta Petakan Kebijakan Strategis Pengawasan

Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin memberikan arahan dalam Rakornas Puslitbangdiklat di Banten, Senin (14/2/2022)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu

Bintaro, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Menyongsong Pemilu Serentak 2024, Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin meminta Pusat Penelitian, Pengembangan, Pendidikan, dan Pelatihan (Puslitbangdiklat) Bawaslu untuk memetakan kebijakan strategis pengawasan pemilu. Hal itu disampaikan Afif saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Penyusunan Standar Tata Laksana Pengembangan Pengawasan dan Kebijakan Strategis Tahapan Pemilu, di Bintaro, Banten, Senin (14/2/2022).

"Kurangnya apa, lebihnya apa, itu harus bisa kita (Puslitbangdiklat) rumuskan," kata Afif.

Dia mengatakan, indeks kerawanan pemilu (IKP) harus bisa menjadi salah satu dasar kebijakan strategis bagi pengambil kebijakan. Sebab ungkap Afif, IKP menjadi salah satu manajemen resiko dalam kepemiluan.

"Kami merasa, IKP jadi salah satu manajemen resiko kepemiluan," ungkap mantan Koordinator Nasional JPPR itu.

Sebelumnya, Deputi Teknis Bidang Administrasi Bawaslu Ferdinand Eskol Tiar melaporkan, Puslitbangdiklat Bawaslu memiliki program kegiatan yang tersinkronisasi menjadi Program Prioritas Nasional (PN), atau program untuk pencapaian sasaran rencana pembangunan jangka menengah nasional dan kebijakan presiden lainnya.

Program ini kata Dia, menjadi kewenangan Puslitbangdiklat Bawaslu yang direncanakan dalam rangka mendukung pelaksanaan pengawasan tahapan pemilihan serentak 2024.

"Program prioritas nasional yang menjadi kewenangan Puslitbangdiklat terdiri dari 3 (tiga) program, yaitu, pertama, Program Pelatihan Bagi SDM pengawasan Pemilu. Kedua, Penyusunan Indeks Kerawanan Pemilu. Ketiga, Rekomendasi Kebijakan Pengawasan Pemilu," terangnya.

Acara yang dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19 secara ketat tersebut, dihadiri oleh jajaran Komisioner Bawaslu seluruh Indonesia yang membawahi Divisi Pengawasan dan Hubal.

Editor: Jaa Pradana
Fotografer: Rama Agusta

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu