• English
  • Bahasa Indonesia

Raih WTP Lima Kali Beruntun, Pemerintah Apresiasi Pengelolaan Keuangan Bawaslu

Sekjen Bawaslu Gunawan Suswantoro (batik kuning) bersama jajarannya mengikuti Rakernas Akuntasi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2020 secara daring, Selasa (22/09/2020). Foto: Humas Bawaslu RI
Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengapresiasi kepada kementerian/lembaga yang telah berhasil meraih dan mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 2019, termasuk Bawaslu yang telah meraih WTP lima kali berturut-turut.
 
“Saya mewakili pemerintah memberikan apresiasi kepada semua kementerian/lembaga yang telah bekerja keras dalam pengelolaan keuangan negara secara transparan dan akuntabel, sehingga mampu meraih WTP bahkan mempertahankannya berkali-kali,” ujar Menkeu Sri Mulyani Indrawati saat membuka acara Rakernas Akuntasi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2020 secara daring, Selasa (22/09/2020).
 
Sri Mulyani mengungkapkan jumlah kementerian/ lembaga yang meraih WTP Tahun 2019 bertambah dari yang sebelumnya 81 kementerian/lembaga, sekarang bertambah menjadi 84. Dia mengakui penambahan ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa.
 
Sri Mulyani meminta semua kementerian/lembaga yang telah meraih WTP untuk terus meningkatkan kualitas dalam pengelolaan keuangan. “Saya harap capaian WTP ini terus dipertahakan dan ditingkatkan, karena hal ini merupakan indikator semakin meningkatnya tata kelola di semua kementerian/lembaga, tidak hanya dalam mengelola keuangan negara namun dalam mengelola fungsi dan tangggung jawab pemerintahan,” pinta Wanita kelahiran Lampung itu.
 
Sri Mulyani juga meminta kementerian/lembaga yang hanya memperoleh Wajar Dengan Pengecualin (WDP) untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam pengelolaan keuangan pada masa yang akan datang. “Khusus kepada kementerian/lembaga yang belum mendapatkan WTP agar terus melakukan langkah yang efektif dan bisa terukur dalam menyelesaikan temuan dan menindaklanjuti rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) secara bersungguh-sungguh dan komfrehensif sehingga dapat mendapatkan predikat WTP tahun berikutnya," paparnya.
 
Sekjen Bawaslu Gunawan Suswantoro yang menghadiri rakernas merasa bersyukur atas capaian Bawaslu yang mampu mempertahankan WTP hingga lima kali berturut-turut dan mendapatkan apresiasi dari pemerintah. “Saya sangat bersyukur atas capaian WTP ini. Seperti yang sering saya katakan bahwa mempertahankan lebih sulit dari pada meraih pertama kali,” ucapnya.
 
Pria kelahiran Banjarnegara ini menyampaikan upaya yang dilakukan dalam mengawal pertanggungjawaban anggaran di Bawaslu sampai meraih WTP lima kali berturut-turut. Salah satunya yaitu membangun kesepahaman kepada seluruh jajaran Bawaslu sampai tingkat daerah bahwa WTP merupakan kewajiban bagi sebuah lembaga negara untuk membuktikan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan menjadi lebih baik.
 
“Kalau kita punya pemahaman yang sama bahwa WTP menjadi kewajiban, maka langkah berikutnya yaitu membangun komitmen pengelolaan keuangan negara dengan baik dan benar walau hanya satu rupiah,” tegas dia.
 
Gunawan juga merasa bangga atas pencapaian WTP tersebut. Alasannya, Bawaslu menjadi satu-satunya lembaga yang memperoleh dan mempertahankan WTP lima kali berturut-turut dengan pengelolaan anggaran sampai tingkat pengawas TPS.
 
Selain itu, peraih gelar Doktor di Unpad Bandung ini paham betul jika pilkada di tengah pandemik covid-19 ini akan menjadi tantangan tersendiri, khususnya dalam pengelolaan anggaran pengawasan. 
 
“Pilkada dimasa pandemik ini tantangan buat kita. Agar tetap bisa mempertahankan WTP tahun berikutnya, harus dilakukan koordinasi dan konsolidasi dengan seluruh pengelola keuangan Bawaslu untuk berhati-hati karena terdapat anggaran tambahan untuk alat pelindung diri (APD).” ungkap Gunawan.
 
Fotografer: Nurisman
Editor: Jaa Pradana
Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu