• English
  • Bahasa Indonesia

Raih WTP Ke-7 dari BPK, Bawaslu Berhasil Pertahankan Prestasi Pengelolaan Keuangan

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menerima Penghargaan WTP dari BPK di Kantor Pusat BPK, Jakarta, Kamis (30/6/2022). Foto: Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Bawaslu kembali menerima predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga (LKKL) tahun 2021. Dengan ini Bawaslu berhasil mempertahankan pengelolaan keuangan secara baik selama tujuh tahun terakhir.

Penghargaan WTP diterima langsung Ketua Bawaslu Rahmat Bagja yang diberikan oleh Anggota I BPK Nyoman Adhi Suryadnyana. Turut mendampingi Bagja, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu Gunawan Suswantoro dan Inspektorat Utama Ichsan Fuady di Kantor Pusat BPK, Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Dalam momen tersebut, Nyoman mengapresiasi Bawaslu dan sebelas lembaga negara lain yang meraih WTP. "Ini adalah prestasi yang pantas dibanggakan dan perlu mendapatkan apresiasi karena opini ini bukan hadiah dari BPK, namun merupakan prestasi dan kerja keras dari seluruh jajaran kementerian dan lembaga dalam mengelola dan mempertanggungjawabkan keuangan negara," ucapnya.

Opini WTP atas LKKL tahun 2021 diterima oleh Kemenko Polhukam, Lemhanas, KPU, Bawaslu Badan Siber dan Sandi Negara, Basarnas, Bakamla, Badan Narkotika Nasional, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, BMKG, Dewan Ketahanan Nasional, dan Komnas HAM.

Sebagai informasi, lembaga pengawas pemilu sendiri telah berhasil mendapatkan predikat WTP berturut-turut sejak 2015. Pada 14 September 2021, Kementerian Keuangan juga memberikan Bawaslu penghargaan kategori lembaga negara yang telah mendapat predika WTP lima kali berturut-turut.

Editor: Hendi Purnawan
Fotografer: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu