• English
  • Bahasa Indonesia

Pesan Bagja ke Peserta SKPP di Kabupaten Bandung: Bangunlah Demokrasi yang Lebih Baik

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja menyemangati para peserta SKPP di Kabupaten Bandung, Senin (6/9/2021)/foto: Humas Bawaslu Kabupaten Bandung

Kabupaten Bandung, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Rahmat Bagja membuka secara resmi Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (6/9/2021). Dalam sambutannya, dia membakar semangat seluruh peserta SKPP agar selalu mengawal proses demokrasi bangsa ini.

"Pulanglah membawa mimpi demokrasi dan bangunlah demokrasi yang lebih baik," cetus Bagja sembari mengepalkan tangan.

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa itu tak ingin menyimpan mimpi itu sendiri. Menurutnya mimpi itu harus terus ditularkan, tak terkecuali pada mereka kaum milenial. Namun, mimpi jangan asal mimpi. Mimpi harus menggerakan pikiran dan pendidikanlah filternya. Ini mengapa SKPP terus menerus digelar, meski empat ribu lebih kader.

“Manusia ada karena manusia itu berpikir, cogito ergosum," tegas Bagja mengutip thesis dari Filsuf Perancis, Descartes.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Jawa Barat yang membawahi langsung program SKPP, Zaki Hilmi menegaskan agar moment pelaksanaan pemilu kedepannya harus lebih dimanfaatkan sebagai sarana mewujudkan suara rakyat. Sehingga, keterpilihan pemimpin dapat merepresenstasikan kepentingan rakyat umum sampai pada hal terkecil. “Gaungkan aspirasi kenegaraan sebagai wujud kedaulatan rakyat”, tegas Zaki.

Menurutnya, tantanga masa depan adalah bagaimana rakyat lebih selektif dan memilih pada yang berkualitas. Segala pengetahuan dari program SKPP inilah yang dapat menjadi referensinya. Bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk mereka pada ruang di sekitar para peserta. “Pemilih berkualitas adalah yang memilih berdasarkan preferensi, bukan atensi apalagi cek kosong,” tutupnya.

Fotografer: Humas Bawaslu Kabupaten Bandung
Editor: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu