• English
  • Bahasa Indonesia

Peringati 12 Tahun Mengawasi, Bawaslu Akan Gelar EXPO 2020

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar (dua kiri) memberikan arahan untuk kegiatan Bawaslu Expo 2020, Senin (9/3/2020). Foto : Humas Bawaslu RI

Bogor, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Bawaslu berencana akan menggelar Bawaslu Expo tahun 2020 pada April mendatang. Expo digelar sekaligus untuk memperingati dua belas tahun Bawaslu hadir di tengah masyarakat untuk mengawasi ajang pemilihan. Rencananya, expo nanti akan berbentuk pameran dengan menampilkan hasil pengawasan Pemilu 2019 dan tahapan pengawasan Pilkada 2020 yang sedang berjalan oleh Bawaslu daerah seluruh Indonesia.

Tenaga Ahli Bawaslu Masykurudin Hafidz menyampaikan, hasil pengawasan Bawaslu daerah akan ditampilkan dengan berbagai model bahan informasi, baik dalam bentuk dokumen cetak, video atau foto. Tak lupa, pengawasan berbasis kearifan lokal seperti Desa Antipolitik uang juga bakal diperlihatkan kepada masyarakat. Pameran expo akan lebih ciamik dan menarik dengan tampilan pakaian tradisional daerah serta kuliner ciri khas daerah masing-masing.

Masykur mengatakan, melalui expo 2020 tersebut, lembaga pengawas pemilu bertekad untuk menyosialisasikan tugas-tugas pengawasan Bawaslu dalam semua pemilihan baik pemilu maupun pilkada. Hal ini juga merupakan bentuk pendidikan politik dan pengawasan pemilu kepada masyarakat, serta wujud keterbukaaan informasi dan transparansi baru kepada publik.

Untuk bisa dan menjadi manfaat secara luas dalam gelaran Bawaslu expo nanti, lanjut Masykur, Bawaslu juga telah menggagas beberapa poin utama yang akan diangkat dan disosialisaikan ke publik atau masyarakat, salah satunya produk hukum yang dilahirkan Bawaslu.

“Sebagai bahan informasi akan ada produk hukum Bawaslu ditampilkan. Kemudian profil Bawaslu seluruh Indonesia juga akan ditampilkan,” ujar Masykur dalam Focus Group Discussion (FGD) Persiapan Bawaslu Expo Tahun 2020 di Bogor, Senin (09/03/2020).

FGD ini turut dihadiri Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar. Dalam kesempatan yang sama Fritz berharap Bawaslu expo nanti berjalan sukses. Dia mengatakan dengan adanya rentan waktu yang lumayan agak jauh dari rencana digelarnya Bawaslu expo, dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh Bawaslu provinsi atau kabupaten/kota dalam menyiapkan segala pernak-pernik yang akan ditampilkan.

“Dari sekarang ke bulan April bisa dikatakan masih jauh, harus kita manfaatkan dalam mempersiapkan segalanya supaya Bawaslu expo nanti berjalan sukses dan dapat bermanfaat buat masyarakat,” sambung Fritz.

Selain itu, Koordinator Divisi Hukum, Humas, dan Hubal ini menilai Bawaslu expo nanti bisa dikatakan sebuah ajang sejauh mana Bawaslu daerah memiliki dokumen pengawasan Pemilu yang kemudian disaksikan oleh publik.

Sementara, Kepala Biro Teknis Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu (TP3) La Bayoni menyatakan rentetan persiapan yang dilakukan pihak sekretariat khususnya Biro TP3 dari mulai FGD dengan seluruh Bawaslu provinsi se-Indonesia hingga pihak luar yang dilibatkan.

“Pihak sekretariat atau Biro TP3 selaku pihak penanggung jawab akan terus memantapkan persiapan Bawaslu expo nanti,” jelas mantan Kepala Sekretariat Bawaslu Papua Barat itu.

Boy juga mengatakan pada gelaran Bawaslu expo nanti akan mengundang media masa agar meningkatkan publikasi dan sasaran kegiatan. Dia juga meminta masing-masing provinsi lebih menampilkan keberhasilan kinerja Bawaslu dalam mengawasi Pemilu di stand booth serta membuat games agar menarik perhatian pengunjung.

Bawaslu expo 2020 akan mengambil tema 'Mengemban Amanah Menjunjung Demokrasi'. Dengan tema tersebut Boy berharap lahir ide-ide, gagasan serta saran dari para Tokoh Bangsa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Mitra Kerja Bawaslu serta berbagai elemen Masyarakat tentang Pengawasan Pemilu yang nanti hadir.

Editor : Jaa Pradana
Fotografer : Irwan

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu