• English
  • Bahasa Indonesia

Penguatan Kewenangan, Dewi: Pembentuk UU Rasakan Betul Kehadiran Bawaslu

Anggota Bawaslu Ratna Dewi menjelaskan kehadiran Bawaslu terbukti menghadirkan keadilan pemilu saat di Purwokerto, Jawa Tengah, Sabtu (16/11/2019) malam/Foto: Jaa Rizka Pradana

Purwokerto, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo menegaskan, eksistensi lembaga pengawas pemilu tak perlu diragukan lagi. Setidaknya, pemberian penguatan kewenangan oleh DPR merupakan bukti nyata pembuat Undang UU telah merasakan kehadiran Bawaslu.

"Ini berarti pembentuk UU merasakan betul kehadiran Bawaslu," ucapnya di Purwokerto, Jawa Tengah, Sabtu (16/11/2019) malam.

Dewi menjelaskan, dalam gelaran Pemilu 2019, tepatnya berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, kewenangan Bawaslu telah lengkap dengan diberikannya fungsi quasi peradilan yang bisa menyelesaikan pelanggaran administrasi pemilu.

Dia mengatakan, penguatan tersebut merupakan rangkaian tahapan dari kebutuhan dan perkembangan penanganan pelanggaran pemilu.

"Saat ini semakin banyak diskusi di ruang publik mempertanyakan pentingnya kehadiran Bawaslu. Tetapi pembentuk UU justru lebih memilih memberikan penguatan (kewenangan)," cetus perempuan asal Sulawesi Tengah itu.

Bila melihat hasil suksesnya gelaran Pemilu 2019, Dewi menilai, pilihan pembentuk UU tersebut tidak salah. Alasannya, dia mengklaim, penguatan kelembagaan bisa dijalankan secara baik oleh Bawaslu.

"Kita bisa menunjukan kerja-kerja yang baik. Kemudian bisa berkontribusi melahirkan pemilu yang jujur adil dan demokratis,"pungkasnya.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu