• English
  • Bahasa Indonesia

Pemilu Tidak Seperti Permainan Sepakbola

Cirebon, Badan Pengawas Pemilu - Untuk mensukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Provinsi Jawa Barat Tahun 2018, Bawaslu Republik Indonesia menggelar Sosialisasi Tatap Muka kepada stakeholder dan masyarakat di Aula Adipura Balaikota Cirebon di Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (23/11/2017). Kegiatan ini mengundang unsur-unsur masyarakat yang terdiri dari unsur penyelenggara pemilu di Kota Cirebon, pemerintah daerah, kepolisian daerah, partai politik, tokoh masyarakat dan agama, organisasi masyarakat, dan organisasi pemuda.

Acara ini dibuka oleh Ketua Panwaslu Kota Cirebon Susilo Waluyo dan dihadiri Angota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin, Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat H Wasikin. Mochammad Afifuddin mengatakan bahwa acara ini dimaksudkan dalam rangka pencegahan potensi pelanggaran Pemilu.

"Dalam istilah Kedokteran, Mencegah lebih baik daripada mengobati. Sama seperti dalam Pemilu mencegah daripada menindak dalam hal ini," ujar Afif. Dia juga menjelaskan sosialisasi juga dilaksanakan di Cirebon karena Bawaslu ingin banyak titik yang kita datangi dalam hal mencegah dan mengajak untuk berpartisipasi dalam pengawasan pemilu.

"Pemilu tidak seperti permainan Sepakbola, diseluruh daerah atau Negara Hands ball disana sama dengan disini, tetapi pemilu berbeda, aturan di negara lain akan beda dengan aturan pemilu di Indonesia. Oleh karena itu diperlukan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam rangka mengawasi Pemilu," tutupnya.

Ditambahkan oleh Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Wasikin, mengenai bagaimana pentingnya peringatan potensi kerawanan dan pelanggaran pada suatu daerah. Hal itu agar semua pihak lebih waspada dan bersiap diri serta berupaya mencegah suatu hal yang dapat mencederai jalannya pemilihan.

"Wong Cerbon sudah berpengalaman banyak yang sadar akan pemilu, Wong Cerbon biasa aman dalam pemilu, Wong Cerbon tidak ada sejarahnya pilkada ribut - ribut, Wong Cerbon, kami berharap pilkada diselesaikan di Cirebon dengan cara sesuai perundang - undangan," ujarnya.

Ketua Ketua Panwaslu Kota Cirebon menyampaikan, sosialisasi ini dalam upaya mensukseskan pelaksanaan Pilkada Kotamadya Cirebon sekaligus mensukseskan Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat yang berlangsung serentak tahun 2018 nanti juga dalam rangka memastikan Pemilu serentak 2019 belangsung damai dan aman.

Penulis dan Foto : Andhika Pratama

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu