• English
  • Bahasa Indonesia

Pemilihan Serentak 2024, Afif: Lebih Kompleks Tapi Harus Optimis

Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin menjadi narasumber dalam dalam Webinar Pemilu bersama Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), Sabtu (11/9/2021)/foto: tangkapan layar zoom

Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin menyampaikan Pemilu Tahun 2024 akan lebih kompleks dari pemilihan sebelumnya. Pasalnya dia menyadari keadaan dan situasi pandemik tidak dapat diprediksi ke depannya.

Menurutnya skenario tahapan awal hingga akhir Pemilu 2024 memang harus disiapkan oleh penyelenggara pemilu maupun stakeholder terkait, sehingga akan ada bayangan untuk beberapa kondisi yang akan terjadi salah satunya belajar dari pengalaman pemilihan serentak dua tahun belakangan.

"Pengalaman kita pada Pemilu tahun 2019 dan Pilkada tahun 2020 menghasilkan kesimpulan bahwa apa yang mesti kita lebih siapkan pada situasi yang sudah diprediksi lebih kompleks tapi tetap harus optimis," tuturnya dalam Webinar Pemilu bersama Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), Sabtu (11/9/2021).

Afif menjelaskan bahkan persiapan yang dilakukan untuk Pemilu Tahun 2024 tidak boleh hanya terfokus pada pelaksanaan daerah yang melakukan pemilihan saja, melainkan juga harus terlintas untuk memikirkan kehidupan sosial politik di daerah yang tidak melaksanakan pemilihan.

Bahkan Afif melanjutkan, perihal pencegahan pelanggaran dalam pemilihan harus ada perjumpaan-perjumpaan yang intensif dengan berbagai stakeholder terkait. "Pencegahan pelanggaran juga tidak semerta-merta kita bisa bertindak sendiri butuh sinergi dengan banyak pihak," tegasnya.

Dalam kondisi saat ini, Afif juga tidak memungkiri banyak peraturan yang masih dibahas dan memerlukan proses panjang. Namun dirinya mengingatkan bahwa seluruh proses tahapan ini akan ringan jika dikerjakan secara gotong royong.

"Saya ingin menjelaskan lagi, kita perlu mengedepankan optimisme sembari teman-teman masyarakat sipil, akademisi untuk tetap harus mengkritisi apa-apa yang sedang menjadi wacana," ungkapnya.

Editor: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu