• English
  • Bahasa Indonesia

Peluncuran IKP Bawaslu Majalengka, Lolly Sebut Sebagai Upaya Cegah Pelanggaran

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty saat memberikan sambutan dalam kegiatan Pengawasan Partisipatif dan Launching IKP yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Majalengka, Kamis (16/2/2023)

Majalengka, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Pasca Bawaslu meluncurkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 pada desember lalu, kini giliran jajaran Bawaslu daerah meuncurkan IKP di wilayahnya masing-masing.Anggota Bawaslu, Lolly Suhenty yang menghadiri peluncuran IKP oleh Bawaslu Kabupaten Majalengka menyebutkan, hal ini sebagai upaya pemetaan kerawanan pemilu untuk dicegah terjadinya pelanggaran.

Lolly menjelaskan, IKP lahir dari peristiwa-peristiwa yang sudah dilewati baik Pilkada 2018, Pemilu 2019, dan Pilkada 2020, sehingga data tersebut berdasarkan kejadian yang riil.

"Tujuan IKP dilahirkan adalah untuk menunjukkan bahwa adanya peta-peta kerawanan tinggi" ungkapnya saat membuka kegiatan Pengawasan Partisipatif dan Launching IKP yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Majalengka, Kamis (16/2/2023), di Jatiwangi, Majalengka.

Srikandi Bawaslu ini menuturkan, Jawa Barat masuk dalam lima provinsi dengan rawan tinggi berdasarkan IKP secara nasional. "Tingginya Jawa Barat itu, salah satu kontribusinya ketika dilihat dari data agregat kabupaten/kota, ya (termasuk) Majalengka" imbuhnya.

Sebelumnya, Anggota Bawaslu Majalengka Dede Sukmayadi, menjelaskan, Kabupaten Majalengka masuk ke dalam kabupaten/kota dengan kerawanan tinggi. “Total skor IKP Kabupaten Majalengka sebesar 67,14 termasuk rawan tinggi. IKP Majalengka peringkat ke-17 nasional dan tertinggi ke-2 di Jawa Barat”, ungkapnya.

Dia mengaku, peluncuran IKP ini yaitu sebagai bentuk pencegahan dan meminimalisir dugaan-dugaan pelanggaran yang akan terjadi khususnya di Majalengka.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Majalengka Eman Suherman turut menyampaikan dukungan untuk menyukseskan Pemilu 2024 serta meminimalisir pelanggaran pemilu di Majalengka.

Sebagai informasi, selain dihadiri pimpinan Bawaslu Kabupaten Majalengka selaku penyelenggara, kegiatan ini dihadiri pula oleh tenaga ahli Bawaslu RI, pimpinan Bawaslu Provinsi Jawa Barat, seluruh Forkompinda Kabupaten Majalengka, KPU Kabupaten Majalengka dan dari unsur akademisi di Majalengka.

Penulis dan Fotografer: Regi Renovan
Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu