• English
  • Bahasa Indonesia

Pangkas Jarak Dengan Masyarakat, Bawaslu Resmikan Pojok Pengawasan Jawa Barat

Bandung, Badan Pengawas Pemilu - Menjelang Pilkada Tahun 2018, Bawaslu terus melakukan sosialisasi guna mematangkan persiapan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota (Pilkada) serentak 2018. Bersama dengan Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Bawaslu Republik Indonesia melaunching salah satu pusat partisipasi masyarakat yaitu, Pojok Pengawasan di Kantor Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Bandung, Jumat, (24/11/2017).

Dalam acara ini juga turut hadir unsur-unsur masyarakat yang terdiri dari penyelenggara, pemerintah daerah, kepolisian daerah, partai politik, tokoh masyarakat dan agama, organisasi masyarakat, dan lain-lain. Peresmian dilakukan oleh Anggota Bawaslu, Mochammad Afifuddin didampingi seluruh Komisioner Bawaslu Provinsi Bawaslu Jawa Barat.

Dalam sambutannya Afif mengatakan, pusat pengawasan partisipatif pada intinya ialah mendekatkan pengawas dengan masyarakat. Serta, menyatukan aktivitas masyarakat untuk ikut serta menyukseskan Pemilihan Umum kedepan. "Jadi Pusat Partisipatif ini semaraknya adalah menyatukan aktivitas, jadi tidak semuanya harus menciptakan aktivitas, karena banyak hal yang tidak ada dalam kegiatan sehari -hari dan itu bisa kita masukan untuk aktivitas sosialisasi yang kemudian pada saatnya nanti akan mengajak atau membuat masyarakat terlibat dalam proses pengawasan pemilu," ujarnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Harminus Koto menegaskan jangan sampai ada jarak antara pengawas pemilu dengan masyarakat. "Silahkan sahabat- sahabat jurnalis dan LSM dan sahabat Bawaslu semua, tidak harus menunggu pimpinan atau pejabat sekretariat, tempat ini akan selalu buka dan anggap ini rumah sendiri, kemari tidak harus izin pimpinan, terbuka untuk siapapun. Dan kedepannya Pojok Pengawasan ini akan berangsur- angsur kami isi dengan banyak hasil dan kajian pengawasan kami, kajian pemilu yang mengajak orang untuk memilih sudah banyak, tapi menyuruh orang mau untuk melakukan pengawasan itu harus kerja extra. Ini juga memastikan bahwa yang namanya bersama rakyat tidak hanya di slogan tetapi dalam perbuatan," tutup Afif.

Penulis & Foto : Andhika Pratama

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu