• English
  • Bahasa Indonesia

MoU dengan Baznas, Abhan: Bisa Cegah Zakat untuk Politik Praktis

Ketua Bawaslu Abhan dan Ketua Basnaz Noor Achmad saat menunjukkan kerja sama Nota Kesepahaman di Gedung Bawaslu, Jakarta, Rabu 5 Mei 2021/Foto: Humas Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan kembali melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Bawaslu dengan Badan Amil Zakat Nasional (Bazna) tentang koordinasi dan sinergi dalam pemilu dan pemilihan (pilkada). Menurutnya maksud nota kesepahaman ini sama dengan yang dilakukan pada 2018 lalu.

Walau substansinya sama, Abhan menyatakan MoU ini juga dilakukan karena bertepatan dengan pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di beberapa daerah hingga Juli mendatang. Dia berharap kesepakatan ini bisa mencegah potensi zakat dipakai untuk kepentingan politik.

"PSU di beberapa daerah kami melihat ada beberapa potensi pelanggaran menjelang masa PSU, salah satunya potensi zakat disalahguanakan untuk kepentingan politik praktis," tutur Abhan di Gedung Bawaslu, Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Dia menyatakan PSU menjadi momentum agar Bawaslu dan Baznas bisa bersinergi dalam mengawal transparansi PSU Pilkada 2020. Tujuannya, tambah Abhan, lebih kepada mencegah pelanggaran ketentuan dan penyalahgunaan wewenang dalam melaksanakan tugas sebagai pengelola zakat.

"Semoga ke depan bisa segera membuat unit pengumpul zakat, saya kira ini kami nanti segera untuk ditindaklanjuti," harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Baznas Noor Achmad juga melihat nota kesepahaman ini dapat membangun sinergi yang baik dengan Bawaslu dalam lingkup yang lebih luas lagi. Dia menyatakan baik dalam konteks bekerjasama melakukan pengawasan utamanya netralitas maupun dalam penggunaan zakat.

"Insya Allah Baznas transparan dan akuntabel dalam hal melakukan pengawasan, kami juga melihat jika ada zakat yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan diterima," terang dia.

Editor: Ranap THS
Foto : Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu