• English
  • Bahasa Indonesia

Menkopolhukam Wiranto Minta Jaminan Keamanan Pemilih

Foto bersama di sela rapat koordinasi kesiapan akhir pengamanan tahapan pemungutan dan perhitungan Pemilu 2019 di kantor Kemenkopolhukam/ Foto: Nurisman

Jakara, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan keamanan (Menkopolhukam), Wiranto meminta adanya jaminan keamanan saat berlangsungnya Pemilu pada 17 April mendatang. Dia berharap proses tersebut berjalan aman, lancar dan sukses. Pemilih harus mendapat jaminan kemanan ketika berangkat dari rumah sampai ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menggunakan hak pilih yang bebas dan rahasia.

Hal itu dikatakan Wiranto saat membuka rapat koordinasi Kesiapan Akhir Pengamanan Tahapan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pileg dan Pilpres Tahun 2019, di lantai 6 kantor Kementerian Politik Hukum dan Kemanan, Senin (15/4/2019).

Rapat koordinasi tertutup ini dihadiri Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Narsekal Hadi Tjahjanto, Jaksa Agung HM Prasetyo, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu Abhan, Kepala BIN Jenderal Purnawirawan Polisi Budi Gunawan, Kepala BSSN Djoko Setiadi dan Kabareskrim Polri Komjen Idham Azis.

Wiranto menjelaskan, demi kelancaran pemilu para penyelengara harus sudah siap menjalankan tugas dan menyiapkan segala kelengkapan TPS di seluruh Indonesia, sampai proses penghitungan suara.

Menurutnya, kesuksesan Pemilu bisa diukur dari partipasi masyarakat dalam menggunakan hak suaranya sesuai dengan pilihannya masing-masing. Sehingga mengahdirkan pimpin yang bisa membawa bangsa ini lebih baik lagi dalam lima tahun ke depan.

"Tidak mungkin tanpa kemanan pemilu bisa berjalan lancar. Oleh karena itu di daerah saya berharap tahapan ini harus berlangsung dengan baik," ujarnya.

Meski begitu, Menkopolhukam mengakui tahapan Pemilu belum berjalan sempurna. Dirinya menunjuk, di lapangan masih terjadi beberapa permasalahan. Baik masalah tekhnis penyelenggaraan maupun fasilitas. Hanya saja secara umum, Wiranto merasa permasalahan yang ada bisa diatasi dengan baik.

"Tidak ada yang sempurna pelaksanaan . Kita terus menerus akan mencoba melengkapi dan kita menghimbau seluruh masybagar membantu pemilu ini agar lebih baik lagi," terangnya. (Hendy Purnawan)

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 17 Juni 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H Thamrin 14 Jakarta pusat
Waktu:
Jumat, 14 Juni 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H Thamrin 14 Jakarta pusat
Waktu:
Kamis, 13 Juni 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H. Thmarin 14 Jakarta Pusat.
Waktu:
Rabu, 12 Juni 2019 WIB
Tempat :
Geudng Bawaslu, Ruang sidang A dan B Jl. M.H Thmarin 14 Jakarta Pusat.
Waktu:
Selasa, 11 Juni 2019 WIB
Tempat :
LAP 02/LP/PL/ADM.RI/V/2019 AGENDA : PEMBACAAN LAPORAN PELAPORAN, JAWABAN TERLAPOR DAN PEMERIKSAAN SAKSI

Video Bawaslu

Video Pelatihan Pengawas TPS Pemilu 2019 dilengkapi dengan Bahasa Isyarat
Video Pelatihan Pengawas TPS Pemilu 2019 dilengkapi dengan Bahasa Isyarat