• English
  • Bahasa Indonesia

Maksimalkan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Teken Nota Kesepahaman dengan Unissula

Ketua Bawaslu Abhan (kiri) dan Rektor Unissula Bedjo Santoso saat menunjukkan hasil penandatangan nota kesepahaman bersama (Memorandum of Understanding/MoU) di Gedung Bawaslu, Jakarta, Rabu 12 Agustus 2020/Foto: Humas Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) bersama Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang. Ketua Bawaslu Abhan menyatakan Unissula sebagai lembaga pendidikan akan membantu pengawasan partisipatif dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020.

Abhan menjelaskan pengawasan partisipatif tidak hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara pilkada saja, namun memerlukan juga sentuhan lembaga akademis. Sebab dalam pengawasan, lanjut Abhan, penting bagi universitas bisa membantu dalam riset dan kajian terkait wilayah-wilayah yang rentan disoroti baik dari prestasi maupun pelanggaran.

"Ini program prioritas nasional kami dan untuk mewujudkan pemilihan yang demokratis luber dan jurdil. Saya kira membutuhkan banyak pihak untuk mengawasi dan berpartisipasi. Satu diantaranya kalangan akademis," ujar Abhan di Gedung Bawaslu, Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Tak lupa Abhan pun mengimbau agar Unissula dapat mengerahkan mahasiswanya ikut mengawasi bersama Bawaslu, menyosialisasasikan gerakan antipolitik uang dan kampanye hitam. Dirinya pun mengajak para akademisi di Unissula bisa memberikan dukungan lewat jurnal ilmiah terkait kepemiluan yang bisa dilihat publik lewat pojok pengawasan.

Pada kesempatan yang sama Rektor Unissula Bedjo Santoso menyambut baik langkah kerja sama yang telah dijalin. Dia berharap kemitraan yang telah dibangun dapat memberikan sinergisitas dan pengaruh dalam hal riset dan kajian terkait pemilihan yang dilakukan pada 9 Desember 2020 mendatang.

"Kami mohon diikutkan untuk apa yang menjadi keribetan dari negara ini. Kami juga punya mahasiswa yang siap diberdayakan untuk sosialisasi, mudah-mudahan niat baik kami bisa saling membantu," tuturnya.

Editor: Ranap THS
Fotografer : Hendru

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu