• English
  • Bahasa Indonesia

Lantik Tujuh Anggota Bawaslu Sumut, Bagja Ingatkan Dinamika Pemilu

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja saat melakukan prosesi pelantikan tujuh Anggota Bawaslu Sumut periode 2023-2028 di Jakarta pada Senin (17/7/2023) malam/Foto: Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengingatkan tentang dinamika kepemiluan yang terjadi di Sumatera Utara (Sumut). Pasalnya menurutnya, provinsi tersebut memiliki banyak catatan yang perlu diperhatikan terutama menjelang Pemilu 2024.

“Bapak-Bapak yang pada hari ini dilantik kami ingatkan Sumut memang beda. Pertama, daerah pemilihan (dapil) agak banyak, kemudian juga daftar pemilih tetap (DPT)-nya,. Jadi bapak dilantik dengan kondisi DPT yang banyak dan masalah yang juga banyak,” ungkap Bagja saat melantik tujuh Anggota Bawaslu Sumut periode 2023-2028 di Jakarta pada Senin (17/7/2023) malam.

Selain itu, dia juga mengingatkan agar anggota terlantik langsung bekerja pada saat ini juga terutama dalam rekrutmen anggota Bawaslu Kabupaten/Kota di Provinsi Sumut. Hematnya, dalam rekrutmen ini ada daerah yang masih meninggalkan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bersama-sama.

Untuk itu, Bagja mengajak kepada Anggota Bawaslu Provinsi Sumut yang terlantik agar meningkatkan kekompakan dan koordinasi antardivisi. Bagja menuturkan, dengan adanya dua petahana yang terlantik dapat menularkan dan melakukan transformasi bagaimana menjalankan tugas fungsi sebagai anggota Bawaslu Provinsi Sumut.

“Begitu juga yang dari Bawaslu Kabupaten/Kota, kami harapkan bisa bekerja sama pada hari ini juga. Kenapa demikian, karena tahapan masih berlangsung. Tahapan seleksi Bawaslu kabupaten/kota; tahapan daftar calon tetap (DCT); proses perbaikan; itu masih berlangsung. Kemudian dalam persiapan untuk melakukan proses-proses sengketa, penanganan pelanggaran, dan proses pelantikan lagi, masih harus dilakukan. Ini lah yang akan bapak lakukan dan juga penuhi tanggung jawabnya terhadap seluruh proses yang ada,” jelas Bagja.

Adapun Anggota Bawaslu Sumut yang terlantik meliputi Johan Alamsyah; Joko Arief Budiono; M. Aswin Diapari Lubis; Payung Harahap; Romson Poskoro Purba; Saut Boangmanalu; dan Suhadi Sukendar Situmorang.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Bhakti Satrio

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu