• English
  • Bahasa Indonesia

Kunjungi Tribunnews dan Jawa Pos, Bawaslu Kian Perkuat Sinergi

Ketua Bawaslu berfoto bersama dengan jajaran petinggi redaksi Jawa Pos didampingi para pejabat Bawaslu RI di kantor Jawa Pos, Jakarta, Rabu 11 Maret 2020/Foto: Humas Bawaslu RI

Jakarta - Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar dan Ketua Bawaslu Abhan melakukan kunjungan ke dua media massa, yakni Tribunnews dan Jawa Pos, Rabu (11/3/2020). Hal ini dilakukan karena pers sebagai pilar demokrasi keempat yang memiliki peran penting, salah satunya dalam mengabarkan informasi kepemiluan atau pilkada kepada masyarakat.

Fritz menyambangi kantor redaksi Tribbunnews.com di komplek perkantoran Kompas Gramedia, Palmerah, Jakarta Barat. Dia menyampaikan banyak hal mengenai kepemiluan seperti tugas, pokok, dan fungsi Bawaslu sebagai pengawas pemilu hingga kendala-kendala yang kerap dihadapi Bawaslu dalam menangani setiap pelanggaran.

"Terima kasih selama ini Tribunnews telah memberitakan soal Bawaslu dan kepemiluan," katanya.

Fritz mengaku, pemberitaan media massa baik daring, cetak maupun elektronik sangat membantu Bawaslu dalam mensosialisasikan kerja-kerja Bawaslu. "Pemberitaan di media merupakan salah satu hal yang mendukung Bawaslu," jelasnya.

Kedatangan Bawaslu bersama jajaran disambut Board of Editor Febby Mahendra Putra bersama jajaran redaksi.  Febby pun mengucapkan teri makasih atas kunjungan Bawaslu ke redaksi Tribunnews.com.

Menurut dia, Bawaslu dan Tribunnews memiliki hubungan terutama soal kepemiluan.Terlebih, Pilkada serentak 2020 akan segera dilaksanakan di 270 daerah dan Tribbunnews memiliki perwakilan di daerah- daerah yang akan melaksanakan pemilihan orang nomor satu di daerah.

"(Penyelengaraan Pilkada serentak 2020) sebagai media kita bersentuhan dengan konten pilkada baik dengan calon atau bakal calon. Pilkada sebelumnya juga kami telah bersentuhan dengan  Bawaslu daerah," jelasnya.

Setelah itu, giliran Ketua Bawaslu Abhan yang mengunjungi kantor redaksi Jawa Pos di Gedung Graha Pena, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Sama dengan Fritz, Abhan juga menjelaskan terkait fungsi dan tugas Bawaslu.

"Pemilu 2019 laku sinergisitas antara Bawaslu dan Jawa Pos banyak dibantu dari segi pemberitaan," kata Abhan.

Sinergitas seperti itu, lanjut dia, perlu diperkuat untuk pelaksanaan Pilkada Serental 2020. "Sinergi ini perlu diperkuat untuk Pilkada serentak 2020 yang akan dilaksanakan di 270 daerah," jelasnya.

Media visit tersebut pimpinan Bawaslu didampingi Kepala Biro Hukum, Humas, dan Pengawasan Internal (H2PI) Bawaslu Ferdinand Eskol Tiar Sirait, Kepala Bagian Humas dan Antar Lembaga Hengky Pramono, Kepala Sub Bagian Humas Ahmad Ali Imron dan Kepala Sub Bagian Hubungan Antar Lembaga Alief Sudewo.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Muhtar

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu