• English
  • Bahasa Indonesia

KPU-DKPP Apresiasi Bawaslu Luncurkan IKP 2019

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mengapresiasi Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2019 yang baru saja diluncurkan Bawaslu di Jakarta, Selasa (25/9/2018).

Anggota KPU RI Wahyu Setiawan mengungkapkan apresiasinya terhadap IKP 2019 yang dapat dijadikan rujukan semua pihak dalam mengantisipasi sebuah kerawanan dalam Pemilu. Ia menambahkan, Pilkada Serentak 2015, 2017, dan 2018 yang telah berlangsung secara damai dan demokratis salah satunya karena adanya IKP yang disusun dan dilahirkan Bawaslu.

“Intinya, KPU apresiasi Bawaslu yang terus membuat terobosan dalam menghasilkan Pilkada dan Pemilu yang demokratis salah satunya melahirkan IKP ini,” ujar Wahyu saat menghadiri peluncuran IKP.

Dengan adanya IKP 2019, diharapkan berbagai pemangku kepentingan dapat mengantisipasi pelanggaran dan kerawanan yang ada. “Melalui IKP 2019 ini kita harapkan Pemilu 2019 berlangsung dengan aman dan demokratis,” kata Wahyu.

Anggota DKPP, Muhammad juga menyambut baik dan mengapresiasi diluncurkannya IKP 2019. Ia berharap IKP 2019 ini dapat dipergunakan oleh kementerian/lembaga yang berkepentingan dalam Pemilu untuk ikut mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu.

“DKPP menyambut baik dilaunchingnya IKP 2019. IKP ini dilahirkan oleh orang-orang yang cerdas dan harus diparesiasi sepenuhnya,” tegas Muhammad.

 

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu