• English
  • Bahasa Indonesia

Kolaborasi Bawaslu dan Masyarakat Sipil Perkuat Fungsi Pengawasan Pemilu

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Direktur Eksekutir Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini mengatakan, fungsi pencegahan mestinya dioptimalkan melalui peran-peran yang diberikan kepada masyarakat. Temuan dan hasil kerja masyarakat sipil yang diperoleh selama berkolaborasi dengan Bawaslu menjadi modalitas untuk menegakkan hukum pemilu oleh Bawaslu beserta jajarannya. Penanganan pelanggaran dapat dieksekusi atas temuan dan hasil kerja pengawasan dan pencegahan yang dilakukan masyarakat sipil.

"Sehingga tidak terjadi benturan kepentingan ketika pengawas berperan sebagai Hakim pemutus perkara pemilu," hal tersebut disampaikan Titi saat menjadi narasumber pada Kegiatan Penyamaan Persepsi dan Fasilitasi Lembaga Pemantau Pemilu Dalam Pengawasan Pemilu Partisipatif Bawaslu RI, di Jakarta, Senin (27/11/2017).

Titi juga mengatakan kolaborasi antara Bawaslu dengan masyarakat sipil dilakukan untuk memperkuat kelembagaan Institusi masyarakat sipil dan gerakaannya dengan tujuan untuk memperkuat fungsi pengawasan pemilu. Bukan pendekatan, sambungnya, yang berorientasi pada individu atau berbasis personal.

"Jadi oriantasinya bukan orang, personal, aktor, individu yang ditarget untuk menjadi bagain dari kerja-kerja pencegahan dan pengawasan oleh Bawaslu. Skema ini yang mestinya dirumuskan bersama Bawaslu dan kelompok masyarakat sipil," ujar Titi.

Selain itu, Negara juga diharapkan hadir dalam memperkuat masyakarat sipil di pemilu melalui kelembagaan Bawaslu. Jadi Bawaslu harus ditempatkan dalam representasi Negara. Paradigma melihat kolaborasi itu adalah melihat Bawaslu hadir merepresentasi negara itu sendiri dan meneguhkan eksistensi masyarakat sipil.

"Strategi ini diyakini tidak akan mengacaukan fungsi penegakan hukum dan penyelesaian sengketa oleh Bawaslu dan jajarannya yang sudah bertrasformasi menjadi negarawan dalam proses mewujudkan keadilan pemilu," tutup dia.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu