• English
  • Bahasa Indonesia

Ketua Komisi II DPR RI Dukung Bawaslu Pertahankan WTP 2018

Ketua Komisi II DPR RI Zainuddin Amali saat memberikan pencerahan kepada peserta Sosialisasi SPIP, LHKPN, dan Gratifikasi di Lingkungan Bawaslu, di Yogyakarta, Kamis (29/11/2018).

Yogyakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Ketua Komisi II DPR RI Zainuddin Amali mendukung Bawaslu mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun 2018 yang sebelumnya telah diraih sebanyak tiga kali beruntun dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI).

“Saya atas nama pribadi dan atas nama Ketua Komisi II DPR RI mendukung penuh kepada Bawaslu untuk dapat mempertahankan WTP Tahun depan,” kata Zainuddin saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan Sosialisasi SPIP, LHKPN, dan Gratifikasi di Lingkungan Bawaslu, di Yogyakarta, Kamis (29/11/2018).

Ia menambahkan, sebagai mitra kerja Bawaslu, DPR RI tentunya sangat bangga dan apresiasi atas kinerja yang baik, dan makin terukur yang sudah dilakukan Bawaslu hingga jajaran tingkat bawah. “Komisi II DPR apresiasi dan terus mendukung atas pencapaian Bawaslu yang kemudian bekerja keras untuk mempertahankan, salah satunya WTP,” sambung Zainuddin.

Selain itu, Zainuddin Amali menilai Bawaslu mampu mengemban dengan baik kewenangan baru yang dicantumkan dalam Undang-Undang 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Bawaslu, menurut Zainuddin, tidak menjadikan kewenangan yang super berat sebagai beban sehingga mampu menjalankannya dengan baik.

“Sebelumnya Bawaslu hanya bersifat rekomendasi atas keputusan Bawaslu, tapi sekarang sudah bisa langsung eksekusi. Dan Bawaslu mampu menjalankan itu dengan baik,” pungkasnya.

Harapan Komisi II DPR RI, lanjut Zainuddin, Bawaslu makin meningkatkan kinerja pengawasan Pemilu dan dapat mewujudkan Pemilu yang demokratis. “Komisi II DPR menaruh harapan besar kepada Bawaslu untuk melaksanakan Pemilu 2019 dengan baik dari segi pengawasan, pencegahan dan penindakan. Bawaslu harus tingkatkan kapasitas sebagai pengawas Pemilu,” tutup Zainuddin.

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 14 Mei 2019 - 09:00 WIB
Tempat :
KPU RI
Waktu:
Senin, 13 Mei 2019 - 09:00 WIB
Tempat :
KPU RI
Waktu:
Minggu, 12 Mei 2019 - 09:00 WIB
Tempat :
KPU RI
Waktu:
Sabtu, 11 Mei 2019 - 09:00 WIB
Tempat :
KPU RI
Waktu:
Jumat, 10 Mei 2019 - 09:00 WIB
Tempat :
KPU RI

Video Bawaslu

Video Pelatihan Pengawas TPS Pemilu 2019 dilengkapi dengan Bahasa Isyarat
Video Pelatihan Pengawas TPS Pemilu 2019 dilengkapi dengan Bahasa Isyarat