• English
  • Bahasa Indonesia

Kaum Muda Diharap Bisa Beri Informasi Awal kepada Bawaslu Jika Temukan Pelanggaran

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda saat menjadi narasumber dalam Sosialisasi Pengawas Pemilu Partisipatif, di Kantor Bawaslu Kota Jakarta Timur, Rabu (15/11/2023).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Herwyn Malonda berharap generasi muda dapat memberi informasi awal kepada Bawaslu apabila menemukan dugaan pelanggaran pemilu di sekitarnya. Sebab hal tersebut, katanya, dapat membantu Bawaslu untuk mengawasi secara menyeluruh.

"Saya sih berharap, kaum muda bisa jadi informan apabila menemukan pelanggaran pemilu dan kemudian disampaikan kepada Bawaslu untuk ditindaklanjuti," harap Herwyn dalam Sosialisasi Pengawas Pemilu Partisipatif, di Kantor Bawaslu Kota Jakarta Timur, Rabu (15/11/2023).

Menurutnya, generasi muda dapat bekerjasama dengan Bawaslu dalam melakukan pengawasan pemilu. Semisal, dia mencontohkan, kaum muda biasanya memiliki perkumpulan atau komunitas yang luas, di situ, kaum muda bisa terlibat mengawasi aktivitas calon legislatif, tim kampanye, dan pihak lain yang terkait dengan peserta pemilu dalam tahapan pemilu.

"Pelanggaran bisa terjadi karena adanya kesempatan. Kesempatan terjadi biasanya terjadi karena tidak ada orang yang mengawasi. Nah, kaum muda dengan lingkungan pergaulannya, bisa membantu Bawaslu mengawasi pemilu, untuk adanya perbuatan atau tindakan pelanggaran pemilu," tegasnya.

Oleh karena itu, Herwyn meminta agar kaum muda tidak pasif dalam menyikapi hal yang berkaitan dengan kepemiluan. Sebab dia menambahkan, kaum muda dengan jumlah pemilih yang besar pada Pemilu 2024, sangat berperan penting menentukan kualitas demokrasi..

Editor: Reyn Gloria
Foto: Rama Agusta

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu