• English
  • Bahasa Indonesia

Isi Kuliah Umum, Afif Ajak Mahasiswa Ikut Jaga Kualitas Pemilu

Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin mengisi kuliah umum dengan tema Kampus dan Penguatan Pengawasan Partisipatif. di STIE Taman Siswa Banjarnegara, Kamis (23/9/2021)

Banjarnegara, Badan Pengawas Pemilihan Umum– Anggota Bawaslu Mochammad Afifudin mengajak mahasiswa ikut menjaga kualitas pemilu yang bersih. Ajakan tersebut disampaikan Afif saat mengisi kuliah umum di STIE Taman Siswa Banjarnegara, Kamis (23/9/2021)

“Menjaga kepercayaan lembaga bawaslu itu adalah hal penting, salah satunya adalah dengan melibatkan mahasiswa untuk turut menjaga kualitas pemilu dengan cara yang tidak mahal," katanya dalam kuliah umum dengan tema Kampus dan Penguatan Pengawasan Partisipatif.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi itu juga menjelaskan tugas bawaslu dalam melakukan pencegahan, menindak pelanggaran, dan menyelesaikan sengketa proses pemilu. Dalam menjalankan tugasnya,kata Afif Bawaslu harus memastikan pelaksanaan pemilu atau pilkada sesuai dengan mekanisme yang telah disepakati dan sesuai undang-undang yang berlaku.

“Cara kita menjalankan undang-undang sebagai mahasiswa yaitu dengan tidak menyebarkan hoax, tidak menyebar sara, dan tidak melakukan politik uang. Ajaran ini juga sudah diatur dalam agama kita masing-masing," tegasnya.

Dengan tidak melakukan politik uang, kata Pria lulusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu artinya telah mengamalkan ajaran agama. Afif juga mengajak agar mahasiswa turut aktif dalam kegiatan keorganisasian dan mendalami hal-hal diluar bangku kuliah salah satunya tentang demokrasi kepemiluan.

“Jika dilihat sekilas hubungan antara pemilu dan ekonomi memang tidak ada, tetapi politik tanpa adanya dukungan ekonomi akan berat, atau sebaliknya. Maka itu, siapa saja berhak untuk turut andil dalam keberhasilan demokrasi kita termasuk teman teman dari STIE” tuturnya.

Penulis dan foto : Humas Bawaslu Provinsi Jawa Tengah

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu