• English
  • Bahasa Indonesia

Inilah Beberapa Keunggulan JDIH Bawaslu

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar saat memberikan pengarahan dalam Rapat Koordinasi Pengelolaan dan Peluncuran Sistem Aplikasi JDIH Bawaslu di Padang, Sumatra Barat, Kamis (6/2/2020) malam/Foto: Humas Bawaslu RI

Padang, Badan Pengawas Pemilihan Umum  - Koordinator Divisi Hukum, Hubungan Masyarakat (Humas), dan Hubungan Lembaga (Hubal) Bawaslu Fritz Edward Siregar menyebutkan, Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Bawaslu yang telah terintegrasi JDIH Nasional punya keunggulan. Dia menjabarkan, beberapa keunggulan JDIH tersebut, yaitu dapat menampilkan sejarah Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) serta keterkaitannya dengan Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan dengan peraturan di atasnya.

"Kalau melihat Perbawaslu akan diketahui peraturan tersebut telah diganti dengan Perbawaslu nomor berapa," katanya saat memberikan pengarahan dalam Rapat Koordinasi Pengelolaan dan Peluncuran Sistem Aplikasi JDIH Bawaslu di Padang, Sumatra Barat, Kamis (6/2/2020) malam.

Fritz mencontokan, Perbawaslu kampanye yang kerap memiliki SE sendiri. Nantinya, saat Perbawaslu kampanye dibuka, maka bakal terhubung dengan SE tentang kampanye terkait. Hal tersebut menurutnya diharapkan bermanfaat bagi publik, partai politik, dan pasangan calon peserta pemilu.

Pria kelahiran Medan, 27 November 1976 itu menyebutkan, keunggulan JDIH Bawaslu lainnya yaitu memiliki fitur pencarian produk hukum dan dokumentasi yang mudah dan cepat. Baginya JDIH memiliki peran dalam memberikan kebutuhan publik. "Sebagai contoh untuk mengetahui jumlah putusan baik pidana, administrasi, ataupun administrasi cepat," tuturnya.

"Seandainya melakukan pencarian melalui mesin pencarian tidak hanya sekadar menampilkan terkait putusan Perbawaslu atau SE, melainkan juga sebagai pusat administrasi yang dapat dijadikan kajian bagi masyarakat atau yang sedang melakukan studinya baik tingkat master atau doktoral," tambah dia.

Keunggulan lain dari website JDIH, lanjutnya, memiliki tampilan yang responsif sehingga nyaman digunakan dengan berbagai perangkat baik melalui perangkat komputer atau telepon seluler. Ditambah lagi dengan statistik produk hukum yang terukur dan jelas.

Fritz juga mengklaim keamanan juga menjadi salah satu perhatian penting dalam membangun situs jdih.bawaslu.go.id. "Security menjadi perhatian kita saat membangun JDIH," ungkapnya.

Keunggan lainnya menurut pengajar hukum tata negara di STH Indonesia Jentera itu sistem JDIH yang telah terintegrasi dengan JDIH Nasional. "Telah ada infrastruktur sistem produk hukum untuk anggota JDIH Bawaslu se-Indonesia," imbuh dia.

Dia menambahkan, ada pula keunggulan dalam sistem validasi yang terverifikasi berjenjang di seluruh anggota JDIH Bawaslu.

Fritz berharap kehadiran JDIH Bawaslu semakin menambah literasi publik mengenai kepemiluan dan pilkada."Juga dapat menjadi bahan pembelajaran dalam dunia akademisi," tutupnya.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Nurisman

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu