• English
  • Bahasa Indonesia

IKP Sulut Rawan Tinggi, Herwyn Harap Konsisten Lakukan Pencegahan dan Pengawasan

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda memberikan arahan dalam dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Pengawasan Pilkada Sulawesi Utara 2024 pada Kamis (13/6/2024)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu.

Manado, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda mengingatkan seluruh jajaran Bawaslu di Sulawesi Utara (Sulut) konsisten menjaga kualitas pengawasan. Bahkan dia mengatakan, meskipun data Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Sulut menjadi wilayah yang rawan tinggi, namun hal tersebut dapat dipatahkan melalui konsistensi pencegahan dan pengawasan.

"Kita buktikan di 2019 dan 2020 Sulut berdasarkan skor IKP dari Bawaslu RI itu masuk di peringkat 1 atau 2. Itu yang menjadikan saya sebagai ketua waktu itu di Pilkada 2020 kami menjadikan hasil IKP sebagai catatan yang penting untuk kita lakukan perbaikan kerja-kerja pengawasan, sehingga tidak ada yang berujung putusan di MK," ungkap Herwyn dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Pengawasan Pilkada Sulawesi Utara 2024 pada Kamis (13/6/2024).

Herwyn mengingatkan kepada jajaran Bawaslu Sulut, IKP harus dimaknai sebagai 'early warning system' dan menjadi tekad bersama di Pilkada 2024. "IKP harus menjadi bahan rujukan dan pemecah masalah dalam pilkada, dan bukan sebaliknya justru menjadi sumber masalah yang bisa merusak integritas penyelenggara pemilihan," kata Herwyn.

"Dan itu adalah jawaban dari adanya IKP. Mudah-mudahan dalam waktu dekat Bawaslu akan melahirkan untuk Pilkada. Artinya apapun kondisi yang diberikan ke kita, tetap kita berupaya untuk menjawab itu walaupun cap itu cap yang tidak baik," imbuh Koordinator Divisi SDM dan Organisasi itu.

Lebih lanjut dia mengingatkan bahwa Integritas dan profesionalitas adalah satu tarikan nafas menuju keberhasilan pemiliuan gubernur dan wali kota di Sulut. "Harapan saya, mari kita perkuat solidaritas masing-masing. Kalau ada persoalan internal selesaikan secara internal," tuntas Herwyn.

Editor: Jaa Pradana
Fotografer: Bhakti Satrio

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu