• English
  • Bahasa Indonesia

HUT Kedelapan DKPP, Begini Harapan Ketua Tiga Lembaga Penyelenggara Pemilu

Ketua Bawaslu Abhan saat memberikan sambutan dalam perayaan HUT kedelapan DKPP di Jakarta, Jumat 12 Juni 2020/Foto: Humas Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Memeringati hari ulang tahun (HUT) Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Jumat (12/6/2020), ketua tiga lembaga penyelenggara pemilu berharap sinergisitas terus terbangun dalam menyongsong Pilkada 2020 di tengah pandemik covid-19.

Ketua Bawaslu Abhan mengungkapkan, Pilkada 2020 pilkada serentak yang keempat kali sejak 2015 bakal paling berbeda sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi penyelenggara pemilu. Alasannya, Pilkada 2020 berhadapan dengan situasi yang tidak diharapkan karena bersamaan dengan pandemik covid-19.

“Akan berbeda rasanya dibandingkan pilkada-pilkada sebelumnya. Penyelenggara menjadi terbelah fokusnya karena selain menyiapkan teknis pelaksanaan pilkada, juga harus memikirkan keselamatan dan kesehatan jajarannya di lapangan serta masyarakat pemilih,” katanya saat menghadiri perayaan hari jadi yang kedelapan tahun DKPP di Jakarta.

Untuk itu, tambah Abhan, sangat diperlukan sinergi antarpenyelenggara pemilu atau pilkada (KPU, Bawaslu, dan DKPP) dalam mengawal proses Pilkada 2020. Abhan yakin, dengan sinergitas yang baik akan menghasilkan pilkada sukses.

Ketua DKPP Muhammad sendiri menyatakan keakinan Pilkada 2020 dapat berjalan baik walaupun terganggu oleh penyakit mematikan yang tak kasat mata yakni covid-19. Dia pun berharap, jajaran penyelenggara pilkada bisa melaksanakan tugas secara maksimal.

Guru Besar Universitas Hasanuddin, Makassar ini mengenang bagaimana proses perjalanan lembaga DKPP hingga berusia delapan tahun. “Saya ingat betul sejak dipimpin oleh Prof. Jimly Asshiddiqie periode 2012-2017, Prof. Harjono dan saya saat ini bahwa DKPP tetap menjaga nama marwah lembaga etik penyelenggara pemilu dengan baik. Sejak dulu hingga sekarang, DKPP tidak bisa diintervensi oleh siapa pun,” kenang Muhammad.

Pria Asli Bugis ini juga menyampaikan, bagaimana pandangan beberapa pihak yang menganggap DKPP seperti malaikat Izrail yang tanpa pandang bulu dalam mengambil keputusan. “Dulu saya dengar DKPP seperti layaknya malaikat Izrail, tetapi belum lama ini saya mendengar bahwa DKPP seperti monster. Dan bisa dipastikan keduanya sangat mengerikan,” sebutnya.

Sementara Ketua KPU Arief Budiman berharap, di hari jadi DKPP ini bisa terus menjadi mitra yang baik dalam wadah tripartite untuk menyukseskan Pilkada 2020. “Selamat ulang tahun lembaga DKPP dan semoga menjadi lembaga etik penyelenggara pemilu yang menjaga integritas, kredibilitas,” ucap Arief.

Dalam hari jadi ke Delapan tahun DKPP dibarengi juga dengan pergantian Anggota DKPP dari unsur Bawaslu. Kali ini Rahmat Bagja digantikan Mohammad Afifuddin.

Turut hadir dalam acara perayaan HUT kedelapan tahun DKPP, jajaran pimpinan Bawaslu, pimpinan KPU, seluruh pimpinan DKPP, Ketua DKPP periode 2012-2017, dan Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Irwan

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu