• English
  • Bahasa Indonesia

Hoaks dan Ujaran Kebencian di Medsos, Fritz : Tangkal dengan Pesan Positif

Koordinator Divisi Hukum, Data, dan Informasi Bawaslu Fritz Edward Siregar saat menjadi narasumber dalam Bimbingan Teknis Peliputan dan Penulisan Berita yang diselenggarakan oleh Bawaslu Maluku Utara, Ternate, Jumat 8 November 2019/Foto: Robi Ardianto

Ternate, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar menyebutkam, salah satu cara menangkal hoaks dan ujaran kebencian di media sosial (medsos) yaitu dengan menyebarkan pesan-pesan positif kepada publik.

"Banyak orang yang melakukan menanggapi negatif ataupun ujaran kebencian di medsos. Kenapa kita (Bawaslu) tidak menangkalnya dengan menyebarkan hal-hal dan pesan yang baik di medsos," katanya saat menjadi narasumber dalam Bimbingan Teknis Peliputan dan Penulisan Berita yang diselenggarakan oleh Bawaslu Maluku Utara di Ternate, Jumat (8/11/2019).

Menurutnya, dengan menyebarkan pesan positif, sama hal dengan menjalankan fungsi kehumasan yaitu dalam membentuk opini publik.

"Salah satu fungsi kehumasan yaitu dapat membentuk opini publik. Pengetahuan masyarakat harus diarahkan kearah positif dengan memberikan informasi yang baik dan benar," ujarnya.

Dalam menangkal ujaran kebencian dan hoaks, lanjutnya, Bawaslu telah kerja sama dengan berbagai lembaga. "Kita memiliki peluang untuk mengalahkan opini masyarakat agar mereka mendapatkan informasi yang benar. Tinggal apakah peluang tersebut digunakan atau tidak?,"tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Fritz juga menyebutkan, empat fungsi kehumasan di Bawaslu. Pertama untuk memperkenalkan program Bawaslu. "Humas harus bisa memperkenalkan program-program Bawaslu kepada publik," tegasnya.

Selanjutnya, humas harus bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui berbagai media. "Humas harus mampu menyampaikan informasi baik melalui media cetak, elektronik atau media daring (online) termasuk media sosial,"sebutnya.

Humas juga diminta sebagai penghubung antar lembaga. "Humas tidak hanya berhubungan dengan masyarakat, tetapi juga harus mampu berhubungan dengan lembaga lain," tutur Koordinator Divisi Hukum, Data, dan Informasi Bawaslu itu.

Terakhir, humas harus mampu memperkuat citra lembaga. "Sehingga, penting bagi humas menyusun strategi yang efektif agar fungsi-fungsi tersebut bisa dijalankan dengan baik," ujarnya.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020
BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu